Mei 23, 2024

Berita Online Terkini

Informasi Seputar Berita Terkini Terbaru

Aplikasi Perekam Layar PC Dan Laptop Terbaru 2022

5 min read
Aplikasi Perekam Layar PC iMyFone Filme Video Editor

Aplikasi Perekam Layar PC

Aplikasi Perekam Layar PC , Aplikasi perekam layar terbaik saat ini sudah menjadi kebutuhan banyak orang, terutama mereka yang berkecimpung di dunia kreator. YouTuber misalnya, tentu membutuhkan software atau alat yang satu ini untuk kepentingan konten.

Selain itu, pada beberapa kesempatan lainnya seperti membuat video tutorial, merekam game, presentasi, aplikasi perekam layar bisa akan sangat berguna.

Saat ini ada banyak aplikasi record screen PC yang bisa kamu gunakan, dan masing-masing aplikasi memiliki kelebihan dan kekurangannya. Kamu juga menggunakan berbagai aplikasi ini secara gratis maupun berbayar.

Membutuhkan software dengan fungsi tersebut? Tenang, kali ini Mimin akan mengulas rekomendasi aplikasi perekam layar PC gratis dan terbaik 2022 yang bisa kamu coba. Deretan aplikasi ini di jamin bisa membantu tugas merekam layar lebih mudah.

1. Aplikasi Perekam Layar PC  EaseUS RecExport

Aplikasi Perekam Layar PC

Konferensi video memiliki peranan penting di setiap bisnis. Banyak orang memilih menggunakan software ini untuk merekam video edukasional seperti tutorial, sementara gamer menggunakannya untuk manfaat lain.

EaseUS RecExport berada di daftar teratas software perekam meeting. Program ini memungkinkanmu merekam layar, webcam, dan audio masing-masing maupun sekaligus tergantung yang kamu mau.

Terlepas dari fungsi dasar, aplikasi ini juga menyediakan fitur canggih, seperti membuat jadwal rekaman, boost audio, menggambar ketika merekam, dan sebagainya.

Sebagai rangkuman, EaseUS RecExport adalah software ideal untuk merekam konferensi video, juga untuk streaming, gaming, dan aktivitas lain.

Kelebihan:

– Simpel dan mudah di gunakan
– Menyediakan whiteboard untuk di gunakan ketika merekam
– Tidak ada batas waktu dan watermark
– Menyediakan tools editing untuk memotong rekaman
– Mengekspor rekaman dalam lebih dari 10 format

Baca Juga  Kumpulan Cara Daftar Gojek Terlengkap dan Terbaik

Kekurangan:

– Harus membayar untuk menggunakan fitur penuh / premium

2. Screenpresso

Screenpresso punya dua jenis software, yakni mode premium dan mode gratis. Kalau kamu pakai mode premium maka kamu akan menikmati fitur lengkap aplikasi ini.

Namun, bagi kamu yang tak mau mengeluarkan biaya lebih, cukup pakai mode gratis saja. Kelebihan software mode premium maupun gratis adalah kamu masih tetap bisa menikmati penggunaan tanpa adanya watermark.

Selain itu ada fitur share kalau kamu ingin membagikan hasil rekaman layar ke dalam media sosial. Lalu juga terdapat menu sortir, library, dan workspace.

Kelebihan:

– Tanpa watermark baik premium atau gratis.
– Ada menu share ke media sosial.

Kekurangan:

– Fitur lengkap atau premium harus berbayar.

3. VideoProc

Aplikasi Perekam Layar PC

VideoProc akan memudahkanmu merekam layar baik di sistem operasi Windows atau mac tanpa batasan durasi video.

Kamu bahkan dapat mengandalkan aplikasi ini dalam kebutuhan untuk webinar, meeting online, live streaming, Skype, video YouTube, dan masih banyak lagi.

Apalagi VideoProc mampu memberi rekaman stabil dengan memakan kinerja CPU yang rendah berkat teknologi akselerasi GPU.

Kamu juga dapat secara fleksibel menentukan area yang bakalan di rekam, apakah seluruh layar atau cuma di area tertentu saja.

Kelebihan:

– Kualitas perekaman video yang stabil.
– Memakan kinerja CPU dengan rendah dan tidak memberatkan.

Kekurangan:

– Kurangnya fitur sehingga pengguna harus lebih kreatif dalam mengedit video.

4. Aplikasi Perekam Layar PC  HitPaw Screen Recorder

Hitpaw Screen Recorder adalah aplikasi perekam layar yang terbilang ramah pengguna lantaran mendukung interface sederhana serta praktis yang memudahkan untuk di gunakan.

Aplikasi ini juga sudah di lengkapi beragam fitur menarik yang dapat kamu manfaatkan dalam beragam keperluan misalnya seperti presentasi, live meeting, webinar, dan banyak lagi.

Baca Juga  Pengacara: Mana Kepikiran? Bharada E

Sejumlah fitur unggulan lainnya seperti fitur zoom recording di mana kamu dapat memilih merekam keseluruhan layar atau pada bagian screen tertentu saja

Kelebihan:

– Kamu bisa menyesuaikan resolusi rekaman layar sesuai dengan keinginan.
– Beragam fitur menarik yang tersedia dalam aplikasi.

Kekurangan:

– Versi gratisnya memiliki watermark.

5. Aplikasi Perekam Layar PC  iMyFone Filme Video Editor

Aplikasi Perekam Layar PC iMyFone Filme Video Editor

Berikutnya ada aplikasi iMyFone Filme Video Editor yang menawarkan kemudahan dalam pengoperasian setiap fitur-fitur yang di tawarkan di dalamnya.

Hal ini berkat adanya mode Fast Video Mode, di mana proses editing di klaim dapat dilakukan hanya dengan satu klik saja karena ada berbagai template yang bisa kamu gunakan.

Kamu juga dapat menggunakan aplikasi ini untuk merekam layar dan menentukan bagian mana yang hendak untuk disimpan dalam bentuk video.

Kelebihan:

– Terdapat tiga mode yang bisa dipilih untuk kemudahan mengedit video.
– Mode Advanced Features memungkinkan kamu dapat menggunakan fungsi multi-layer dalam menggabungkan sejumlah video, foto, hingga audio menjadi satu.

Kekurangan:

– Fitur terbatas untuk versi gratis.

6. Aplikasi Perekam Layar PC  TinyTake

Dikembangkan oleh developer MangoApps, TinyTake mungkin bisa jadi alternatif berikutnya buat kamu yang mau download aplikasi perekam layar PC gratis, geng.

Meskipun gratis, tapi aplikasi ini dibekali fitur-fitur menarik dan bermanfaat. Mulai dari opsi untuk merekam seluruh layar atau area tertentu saja, zoom in/zoom out, fitur anotasi, dan masih banyak lagi.

Sayangnya, untuk versi gratis dari aplikasi ini kamu hanya bisa merekam layar hingga durasi 5 menit saja sementara untuk versi berbayar hingga 120 menit.

Kelebihan:

– Tampilan sederhana dan mudah digunakan.
– Pengaturan perekaman cukup mudah dan dapat dipahami oleh pemula.

Kekurangan:

– Fitur terbatas untuk versi gratis.
– Fitur pengaturan audio yang kurang advanced dibanding aplikasi lain.

7. Aplikasi Perekam Layar PC  Action

Aplikasi Perekam Layar PC

Aplikasi perekam layar laptop terbaik selanjutnya adalah Action!, yang mampu melakukan streaming secara real-time dan merekam video yang sangat baik pada resolusi HD.

Baca Juga  Hacker Bjorka Kembali Beraksi

Fitur esensial seperti merekam video atau suara bisa kamu temukan dalam aplikasi Action!, dan fitur unik lainnya pun bisa kamu temukan di aplikasi canggih yang satu ini.

Selain itu ada juga fitur untuk mengambil gambar secara cepat (screenshot) yang cocok digunakan bagi kamu yang ingin mengambil gambar untuk membuat tutorial.

Format yang dihasilkan dari Action! ini adalah MP4 dan AVI sehingga bakal cocok nantinya untuk disunting melalui aplikasi editing video, seperti Adobe Premiere Pro, geng.

Kelebihan:

– Dapat digunakan untuk perekaman video hingga kualitas HD (1080p) pada format MP4 dan AVI.
– Tersedia fitur untuk live streaming langsung ke YouTube atau Facebook.
– Ada fitur untuk menambahkan screenshot layar.

Kekurangan:

– Belum tersedia untuk pengguna PC atau laptop berbasis macOS dan Linux.

8.  PC  WM Capture

PC WM Capture 1

Selanjutnya, ada aplikasi WM Capture yang punya kelebihan di mana kamu dapat dengan mudah merekam video pada bagian layar tertentu dan memiliki fitur schedule recording.

Dengan begitu, kamu bisa menjadwalkan kapan layar PC atau laptop memulai rekaman, geng.

Jadi kamu bisa mengatur agar aplikasi screen recorder laptop ini berjalan otomatis sehingga kamu tidak perlu repot-repot lagi menekan tombol Record.

Hasil file dari WM Capture dapat di simpan ke dalam format MPEG, WMV, AVI, DVD-ISO, dan lainnya.

Kelebihan:

– Memiliki fitur schedule recording untuk membuat rekaman layar terjadwal.
– Bisa merekam sebagian layar saja.
– Punya format output beragam, seperti MPEG, WMV, AVI, DVD-ISO, dan lainnya.

Kekurangan:

– Belum bisa di gunakan untuk live streaming.

Itulah ulasan daftar aplikasi perekam layar PC dan laptop terbaik yang bisa kamu unduh dan gunakan secara gratis, geng. Sekarang, kamu dapat dengan mudah merekam video tutorial ataupun merekam momen terbaik saat bermain game untuk di bagikan ke banyak orang!

Jika kamu merasa file rekaman layar-mu terlalu besar, kamu bisa memperkecil ukuran video tersebut dengan dengan beragam aplikasi kompres video!