Juni 20, 2024

Berita Online Terkini

Informasi Seputar Berita Terkini Terbaru

Cara Daftar IMEI Anti Ribet Terbaru

6 min read
Cara Daftar IMEI 1

Cara Daftar IMEI

Cara Daftar IMEI IMEI (International Mobile Equipment Identity) adalah kode unik yang terdiri dari 15 digit yang di gunakan untuk mengidentifikasi perangkat telekomunikasi seperti ponsel. Pendaftaran IMEI di perlukan untuk melindungi dan mengamankan perangkat dari kegiatan ilegal seperti pencurian dan pemalsuan. Nah pada kesempatan kali ini mimin akan membagikan beberapa Cara Daftar IMEI yang wajib sobat coba di rumah :

Cara Cek IMEI di HP Android dan iPhone

IMEI (International Mobile Equipment Identity) adalah kode unik yang di gunakan untuk mengidentifikasi perangkat telekomunikasi seperti ponsel. Setiap perangkat memiliki nomor IMEI yang berbeda, dan mengetahui nomor IMEI bisa sangat berguna dalam berbagai situasi, seperti melacak perangkat yang hilang atau melakukan verifikasi keaslian perangkat.

Berikut ini adalah langkah-langkah cara cek IMEI di HP Android dan iPhone:

Cara Cek IMEI di HP Android:

  • Buka aplikasi “Pengaturan” di HP Android Anda.
  • Gulir ke bawah dan temukan opsi “Tentang Telepon” atau “Tentang Perangkat”. Ketuk opsi tersebut.
  • Di dalam menu “Tentang Telepon” atau “Tentang Perangkat”, cari opsi “Status” atau “Informasi Telepon”.
  • Di bagian ini, Anda akan menemukan informasi tentang perangkat Anda. Cari dan catat nomor IMEI yang tercantum di sana. Biasanya, nomor IMEI terlihat di bawah opsi “IMEI” atau “Nomor IMEI”.
  • Cara Cek IMEI di iPhone:

Buka aplikasi “Pengaturan” di iPhone Anda.

  • Gulir ke bawah dan ketuk opsi “Umum”.
  • Dalam menu “Umum”, cari opsi “Tentang”. Ketuk opsi tersebut.
  • Di halaman “Tentang”, gulir ke bawah dan temukan opsi “IMEI”. Nomor IMEI Anda akan terlihat di samping opsi ini.
  • Anda dapat menyalin nomor IMEI tersebut atau mencatatnya.

Cara Daftar IMEI Tanpa Harus ke Bea Cukai Lagi

IMEI (International Mobile Equipment Identity) adalah kode unik yang terdiri dari 15 digit yang digunakan untuk mengidentifikasi perangkat telekomunikasi seperti ponsel. Pendaftaran IMEI di perlukan untuk melindungi dan mengamankan perangkat dari kegiatan ilegal seperti pencurian dan pemalsuan.

Baca Juga  Tips Memilih Casing PC Gaming Yang Baik

Berikut adalah langkah-langkah cara daftar IMEI:

  • Cari tahu persyaratan daftar IMEI di negara Anda: Setiap negara memiliki aturan dan persyaratan yang berbeda untuk pendaftaran IMEI. Pastikan Anda memahami persyaratan yang berlaku di negara Anda sebelum memulai proses pendaftaran.
  • Periksa IMEI perangkat Anda: Temukan nomor IMEI perangkat Anda dengan mengetikkan *#06# pada telepon atau melihatnya di bagian belakang baterai atau kotak perangkat Anda. Pastikan Anda mencatat nomor IMEI dengan benar.
  • Kunjungi situs web yang di tunjuk oleh otoritas telekomunikasi setempat: Biasanya, otoritas telekomunikasi negara memiliki situs web resmi yang melayani pendaftaran IMEI. Cari tahu situs web yang di  tunjuk untuk pendaftaran IMEI di negara Anda.
  • Isi formulir pendaftaran: Di situs web tersebut, biasanya Anda akan menemukan formulir pendaftaran yang harus di isi. Isi formulir dengan informasi yang di minta, termasuk nomor IMEI perangkat Anda, informasi pribadi, dan data perangkat.
  • Sertakan dokumen yang di perlukan: Beberapa negara mungkin memerlukan dokumen tambahan seperti salinan identitas, faktur pembelian, atau bukti kepemilikan perangkat. Pastikan Anda melampirkan semua dokumen yang di minta dengan benar.
  • Verifikasi dan kirim formulir: Setelah semua informasi di isi dengan benar dan dokumen terlampir, verifikasi kembali formulir pendaftaran Anda. Pastikan tidak ada kesalahan atau kesalahan pengetikan. Setelah itu, kirim formulir pendaftaran sesuai instruksi yang di berikan.
  • Tunggu konfirmasi pendaftaran: Setelah mengirimkan formulir pendaftaran, Anda perlu menunggu konfirmasi pendaftaran dari otoritas telekomunikasi. Biasanya, Anda akan menerima notifikasi atau sertifikat pendaftaran melalui email atau melalui metode komunikasi lainnya.

Cara Daftar IMEI HP lewat Aplikasi Mobile Bea Cukai

Pendaftaran IMEI (International Mobile Equipment Identity) pada perangkat telekomunikasi adalah langkah penting untuk melindungi perangkat dari kegiatan ilegal seperti pencurian dan pemalsuan. Untuk memudahkan proses pendaftaran, Bea Cukai telah menyediakan aplikasi mobile resmi yang memungkinkan pengguna untuk mendaftarkan IMEI perangkat mereka dengan lebih mudah dan cepat. Berikut adalah langkah-langkah untuk daftar IMEI HP lewat aplikasi Mobile Bea Cukai:

  1. Unduh aplikasi Mobile Bea Cukai: Mulailah dengan mengunduh dan menginstal aplikasi Mobile Bea Cukai pada perangkat Android atau iPhone Anda. Aplikasi ini biasanya tersedia di Google Play Store untuk pengguna Android dan App Store untuk pengguna iPhone.
  2. Buka aplikasi Mobile Bea Cukai: Setelah aplikasi terinstal, buka aplikasi Mobile Bea Cukai di perangkat Anda.
  3. Buat akun pengguna: Jika Anda belum memiliki akun pengguna, buat akun baru dengan mengikuti petunjuk yang di berikan. Biasanya, Anda perlu menyediakan informasi pribadi dan membuat kata sandi yang aman.
  4. Pilih opsi “Daftar IMEI”: Setelah masuk ke akun pengguna Anda, cari dan pilih opsi “Daftar IMEI” dalam menu aplikasi Mobile Bea Cukai.
  5. Isi formulir pendaftaran IMEI:

  6. Di halaman pendaftaran IMEI, Anda akan di minta untuk mengisi formulir pendaftaran dengan informasi yang di minta. Pastikan untuk mengisi informasi yang akurat dan sesuai dengan perangkat Anda. Beberapa informasi yang mungkin di minta termasuk nomor IMEI perangkat, data pribadi, dan informasi perangkat lainnya.
  7. Unggah dokumen-dokumen yang di perlukan: Selanjutnya, aplikasi Mobile Bea Cukai mungkin meminta Anda untuk mengunggah dokumen-dokumen yang di perlukan seperti salinan identitas, faktur pembelian, atau bukti kepemilikan perangkat. Pastikan untuk mengunggah dokumen yang valid sesuai dengan persyaratan yang di tentukan.
  8. Verifikasi dan kirim formulir pendaftaran: Setelah semua informasi di isi dengan benar dan dokumen terunggah, verifikasi kembali formulir pendaftaran IMEI Anda. Pastikan tidak ada kesalahan atau kesalahan pengetikan. Setelah itu, kirim formulir pendaftaran sesuai dengan petunjuk yang di berikan melalui aplikasi Mobile Bea Cukai.
  9. Tunggu konfirmasi pendaftaran: Setelah mengirimkan formulir pendaftaran IMEI, Anda perlu menunggu konfirmasi pendaftaran dari pihak Bea Cukai. Biasanya, Anda akan menerima notifikasi atau sertifikat pendaftaran melalui aplikasi Mobile Bea Cukai atau melalui email.
Baca Juga  Cara Merawat Kelinci Yang Muda Dan Sehat

Cara Daftar IMEI lewat Situs Kemenperin

Pendaftaran IMEI (International Mobile Equipment Identity) pada perangkat telekomunikasi adalah langkah penting untuk melindungi perangkat dari kegiatan ilegal seperti pencurian dan pemalsuan. Untuk mempermudah proses pendaftaran, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) telah menyediakan situs web resmi yang memungkinkan pengguna untuk mendaftarkan IMEI perangkat mereka dengan mudah. Berikut adalah langkah-langkah untuk daftar IMEI lewat situs Kemenperin:

  1. Buka situs web resmi Kemenperin: Mulailah dengan membuka browser web di perangkat Anda dan kunjungi situs web resmi Kementerian Perindustrian di negara Anda. Biasanya, situs web ini akan menyediakan informasi dan petunjuk terkait pendaftaran IMEI.
  2. Cari opsi “Pendaftaran IMEI”: Di situs web Kemenperin, cari opsi yang mengarahkan Anda ke halaman pendaftaran IMEI. Hal ini dapat ditemukan di bagian layanan atau informasi terkait telekomunikasi.
  3. Buat akun pengguna: Jika diperlukan, buat akun pengguna baru dengan mengikuti petunjuk yang diberikan. Biasanya, Anda perlu menyediakan informasi pribadi dan membuat kata sandi yang aman.
  4. Isi formulir pendaftaran IMEI: Setelah masuk ke akun pengguna Anda, isilah formulir pendaftaran IMEI dengan informasi yang diminta. Pastikan untuk mengisi informasi dengan benar dan lengkap. Beberapa informasi yang mungkin diminta termasuk nomor IMEI perangkat, data pribadi, dan informasi perangkat lainnya.
  5. Unggah dokumen-dokumen yang diperlukan: Selanjutnya, situs Kemenperin mungkin meminta Anda untuk mengunggah dokumen-dokumen yang diperlukan seperti salinan identitas, faktur pembelian, atau bukti kepemilikan perangkat. Pastikan untuk mengunggah dokumen yang valid sesuai dengan persyaratan yang ditentukan.
  6. Verifikasi dan kirim formulir pendaftaran: Setelah semua informasi di isi dengan benar dan dokumen terunggah, verifikasi kembali formulir pendaftaran IMEI Anda. Pastikan tidak ada kesalahan atau kesalahan pengetikan. Setelah itu, kirim formulir pendaftaran sesuai dengan petunjuk yang diberikan melalui situs web Kemenperin.
  7. Tunggu konfirmasi pendaftaran: Setelah mengirimkan formulir pendaftaran IMEI, Anda perlu menunggu konfirmasi pendaftaran dari pihak Kemenperin. Biasanya, Anda akan menerima notifikasi atau sertifikat pendaftaran melalui email atau melalui metode komunikasi lainnya yang telah Anda tentukan saat pendaftaran.
Baca Juga  Aplikasi Perekam Panggilan Telepon Terbaik Di 2023

Akhir kata

Nah itudia  4 cara daftar imei yang dapat mimin bagikan kepada sobat mimin di rumah dan dari rekomendasi cara di atas mana nih sob cara yang akan kamu gunakan terlebih dahulu ? Jika kamu mencari informasi tototrial kamu bisa kok cek artikel mimin lainnya hanya di sininya sob. Selamat mencoba 🙂