Mei 23, 2024

Berita Online Terkini

Informasi Seputar Berita Terkini Terbaru

Cara Daftar LinkAja Dan Cara Top Up Linkaja Dengan Muda Geng

4 min read
Cara Daftar LinkAja

Cara Daftar LinkAja

Cara Daftar LinkAja – Saat ini, hampir semua transaksi sudah menggunakan teknologi cashless. Mulai dari belanja online, membayar tagihan listrik, bayar parkir, hingga masuk tol. Selain praktis karena kamu gak perlu bawa uang cash ke mana-mana, transaksi cashless juga aman, geng. Dalam melakukan transaksi cashless, kamu membutuhkan aplikasi e-Wallet alias dompet digital.

Saat ini, sudah banyak banget aplikasi e-Wallet di Indonesia, salah satunya adalah LinkAja. Fitur yang komplit serta jalinan mitra dengan ribuan merchant menjadi beberapa keunggulannya. Kalau kamu pengen coba menggunakan LinkAja yang promonya segudang, Mimin bakal jelasin ke kamu bagaimana cara daftar LinkAja serta bagaimana menggunakannya untuk bertransaksi.

Cara Daftar LinkAja untuk Transaksi Cashless

LinkAja merupakan sebuah layanan uang elektronik berbasis aplikasi yang memudahkan kamu dalam melakukan transaksi non-tunai. Layanan ini merupakan hasil merger dari layanan uang digital Telkomsel, BNI, BRI, dan Mandiri. Sebelum mengganti nama menjadi LinkAja pada tahun 2019 lalu, layanan ini memiliki nama T-Cash, yakni layanan uang digital yang diperuntukkan untuk pelanggan Telkomsel.

Awalnya, LinkAja hanya dapat digunakan oleh pengguna Telkomsel. Namun, kini pelanggan semua operator sudah bisa menggunakan layanan satu ini. Nah, kalau kamu kepo bagaimana cara daftar LinkAja dan menggunakan semua fiturnya yang lengkap, kamu bisa ikuti tutorial di bawah ini, geng.

Cara Registrasi Akun LinkAja

Sebelum kamu melakukan registrasi, kamu harus terlebih dahulu memiliki aplikasi LinkAja di HP kamu. Aplikasinya ringan, kok. Ukurannya gak sampai 100MB. Berikut adalah proses registrasi dan cara daftar LinkAja melalui aplikasi di HP:

Baca Juga  Gaya Shandy Aulia Pamer Foto Sedang Sauna

– Langkah 1: Download aplikasi LinkAja di Google Play Store untuk Android dan App Store untuk iOS. Kalau kamu gak mau repot, kamu bisa klik link download LinkAja untuk Android di bawah ini:
– Langkah 2: Install aplikasi seperti biasa di HP kamu. Kemudian buka aplikasi LinkAja untuk memulai registrasi.
– Langkah 3: Kalau kamu sebelumnya sudah memiliki akun T-Cash dari Telkomsel, kamu bisa langsung login dengan menggunakan akunmu.
– Langkah 4: Kalau belum, kamu bisa masukkan nomor teleponmu untuk registrasi. Setelah itu, kamu bakal dikirimkan kode verifikasi melalui SMS. Masukkan kode tersebut ke kolom yang telah tersedia.
– Langkah 5: Setelah berhasil, saatnya kamu memasukkan data pribadi seperti nama dan foto profil.
– Langkah 6: Masukkan alamat email-mu yang aktif. Buatlah PIN keamanan untuk aplikasi, kemudian masukkan kembali PIN yang sama untuk keperluan konfirmasi.

Top Up Saldo LinkAja

Setelah mengetahui cara daftar LinkAja, kamu belum bisa menggunakannya untuk berbelanja. Langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan tentu saja adalah Top Up saldo.

Ada banyak cara untuk top-up saldo LinkAja milikmu. Mulai dari menghubungkan kartu debit, ATM transfer, Virtual Account, top up via merchant, dan top up via GraPARI. Mirip, kok, dengan cara top up OVO. Berikut adalah penjelasan cara top up LinkAja lengkapnya:

1. Top Up LinkAja Lewat Bank Transfer

Untuk top up saldo LinkAja melalui bank transfer, Mimin akan membagi lagi menjadi 3 bagian, yakni via ATM, Mobile Banking, dan Internet Banking.

ATM

– Masukkan kartu ATM dan PIN akun bank.
– Pilih menu ‘Transfer Saldo’ ke akun bank.
– Kemudian masukkan kode bank untuk LinkAja, yakni 911.
– Masukkan nomor telepon kamu yang terdaftar di LinkAja sebagai rekening tujuan.
– Masukkan nominal top up yang diinginkan.
– Ikuti instruksi untuk menyelesaikan transaksi.

Baca Juga  Cara bayar Shopee PayLater & Cara Pinjam Uang di Bank BRI Online

Mobile Banking

– Login ke aplikasi mobile banking.
– Pilih menu ‘Transfer ke Rekening Bank Lain’.
– Kemudian, pilih tujuan transfer ke ‘LinkAja’ dengan kode bank 911.
– Masukkan nomor telepon kamu yang terdaftar di LinkAja sebagai rekening tujuan.
– Masukkan nominal top up yang diinginkan.
– Ikuti instruksi untuk menyelesaikan transaksi.

Internet Banking

– Login ke layanan internet banking.
– Pilih menu ‘Transfer ke Rekening Bank Lain’.
– Kemudian, pilih tujuan transfer ke ‘LinkAja’ dengan kode bank 911.
– Masukkan nomor telepon kamu yang terdaftar di LinkAja sebagai rekening – tujuan.
– Masukkan nominal top up yang diinginkan.
– Ikuti instruksi untuk menyelesaikan transaksi.

2. Top Up LinkAja Lewat GraPARI

cara top up satu lewat GraPARI hanya bisa dilakukan oleh pengguna Telkomsel saja. Pastikan nomor yang kamu daftarkan ke LinkAja merupakan nomor Telkomsel.

– Kunjungi kantor GraPARI terdekat.
– Datangi kasir dan informasikan nomor Telkomsel yang akan kamu isi – saldonya.
– Berikan informasi berupa nominal pengisian dan serahkan uang tunai kepada petugas kasir.
– Ikuti instruksi kasir untuk menyelesaikan transaksi.

Cara Upgrade ke Layanan LinkAja Full Service

LinkAja memiliki 2 jenis layanan, yakni Basic dan Full Service. Full Service merupakan layanan premium yang menawarkan beragam fitur yang tidak dimiliki oleh Basic Service. Beberapa fitur premium LinkAja Full Service adalah tarik saldo, kirim tunai, tanpa saldo minimal, dan nilai transfer maksimal yang lebih tinggi. Berikut adalah cara upgrade LinkAja Full Service:

– Buka aplikasi LinkAja.
– Masuk ke menu ‘Akun’ di pojok kanan bawah.
– Pilih ‘Tipe Akun’ kemudian tekan ‘Upgrade Sekarang.
– Foto e-KTP kamu dan foto selfie sambil menggenggam e-KTP untuk keperluan konfirmasi.
– Proses permohonan upgrade layanan ini bakal memakan waktu sekitar 3×24 jam.

Baca Juga  Sedang Viral Saat Ini, Seorang Debt Collector

Akhir Kata

Demikian artikel Mimin mengenai cara daftar LinkAja sekaligus bagaimana cara untuk top up saldo dan upgrade layanan ke Full Service. Nah sampai di sini sulunay sob pembahasn kita kali ini dan sampai jumpa di artikel selanjutnya. Selamat Mencobanya 🙂