Februari 26, 2024

Berita Online Terkini

Informasi Seputar Berita Terkini Terbaru

Cara Membuat Presentasi PowerPoint Dengan Muda Anti Ribet Cuy

5 min read
Cara Membuat Presentasi PowerPoint

Cara Membuat Presentasi PowerPoint

Cara Membuat Presentasi PowerPoint – Ketika presentasi, salah satu kunci untuk mencuri perhatian audiens terletak pada tampilan slides-nya. Oleh karena itu, kita harus belajar bagaimana cara membuat PPT yang menarik. Sudah tahu, kan? PPT merupakan singkatan dari Power Point Presentation. As we know, presentasi adalah bentuk komunikasi yang berjalan dua arah untuk menyampaikan ide, gagasan, atau topik tertentu di depan individu maupun kelompok. So, kita harus mengemas isi materi dengan baik untuk menarik perhatian mereka.

Yuk, ketahui berbagai sumber yang bisa kamu gunakan untuk mulai mendesain slide, lalu ikuti tips dan trik pembuatan presentasi power point yang baik dari Skill Academy berikut ini!

Mengapa Perlu Ada Power Point?

Tahukah kamu? Ternyata, secara umum audiens tidak fokus pada saat mendengarkan presentasi. Biasanya, sebanyak 28% audiens menyimak presentasi sambil berkirim pesan, 27% sambil memeriksa email, dan 17%nya tidur. Nah, untuk menghindari situasi seperti ini, tentu kamu harus mengombinasikan berbagai skill saat presentasi, mulai dari isi slide hingga penyampaian materi agar semakin menarik. Tenang saja sob kali ini mimin akan mebahasa Cara Membuat Presentasi PowerPoint Untuk pemula Beerikut ini

Cara Membuat PPT yang Menarik

Jika kamu ingin menyampaikan presentasi dengan baik dan dapat mudah di pahami oleh audiens, perhatikan beberapa tips dan trik membuat PPT yang menarik sebagai berikut:

Baca Juga  Cara Daftar Crypto di Indodax Untuk Pemula

1. Cara Membuat Presentasi PowerPoint Jangan terlalu banyak teks

Sesuai dengan namanya, power point idealnya hanya berisi inti atau poin penting yang akan di sampaikan. Jika kamu menuangkan terlalu banyak teks, audiens akan berpikir “Ah, nanti juga dapet file PPT-nya,” dan membuat mereka malas untuk menyimak materi dengan serius.

Kemudian, slides yang terlalu penuh dengan teks akan membuatmu cenderung “membaca ulang” materi yang sudah bisa di lihat dan di baca sendiri oleh audiens. Waduh, jangan sampai seperti itu ya!

2. Cara Membuat Presentasi PowerPoint Ciptakan visual yang ciamik

Presentasi yang menarik dan efektif dapat kamu wujudkan melalui slides dengan visual unik dan ciamik. Pertama, kreasikan power point dengan gambar atau foto yang relevan. Untuk menambahkan gambar, pilihlah yang kualitasnya bagus dan tidak pecah.

Selain itu, kamu bisa juga memanfaatkan beragam fitur desain lainnya seperti ikon, chart, atau grafik. Ingat, menurut MIS Research Center menjelaskan, audiens akan menghabiskan waktu 16,4% lebih banyak pada presentasi yang memiliki visual daripada presentasi yang hanya berisi teks.

3. Cara Membuat Presentasi PowerPoint Satu topik bahasan per slide

Kamu sering menumpuk beberapa topik pembahasan di satu slide yang sama? Hmm, nanti audiens jadi nggak fokus, lho. Sebagai contoh, di suatu meeting dengan 10 orang, kamu akan membahas campaign terbaru untuk 2 produk. Agar ringkas, kamu jadikan 2 campaign di 1 slide. Paragraf pertama membahas campaign produk A, dan paragraf ke 2 membahas campaign produk B. Lalu, ada 10 orang yang melihat presentasimu. Kondisinya, di satu slide ada 2 topik. Bisa jadi, 5 orang fokus ke topik A, dan 5 orang lagi fokus ke topik B. Padahal 2 topik ini sama-sama penting.

Berbeda kalau misalkan 1 slide hanya membahas satu topik, pasti pesan dari sebuah presentasi dapat diterima dengan lebih mudah. Selain itu, jika kamu menaruh beberapa objek sekaligus di 1 slide, audiens akan mengeluh karena sadar topiknya banyak. Terus ngebatin “Duh, banyak banget yang di bahas. Pusing, deh”. Padahal baru slide pertama, tapi udah pusing.

Baca Juga  Aplikasi Perekam Panggilan Telepon Terbaik Di 2023

4. Highlight informasi penting

Dalam presentasi tentunya ada banyak data atau informasi yang disampaikan. Misalnya, kamu ingin membahas 5 tips membuat presentasi yang memukai. Nah, meskipun kamu akan menjelaskan berurutan mulai dari poin 1 sampai 5, tapi bisa saja audiens bingung harus fokus ke poin yang mana dulu.

Misalnya, kamu lagi menjelaskan tips poin pertama, berarti poin pertama di highlight dan sisanya di turunkan kontrasnya. Dengan begitu, semuanya jadi fokus ke poin 1. Kalau nggak begitu, bisa aja pas kamu masih menjelaskan poin 1, terus ada yang nyeletuk “Tips nomor 4 itu maksudnya apa, sih, kak?” Padahal belum sampai ke sana. Kamu bisa mengotak-atik ini di menu animations. Ini seperti meng-highlight informasi yang sedang di sampaikan dan menyamarkan sisanya. Tujuannya untuk menuntun audiens fokus ke hal yang sama.

5. Gunakan warna yang cerah

Pilihlah seperangkat warna atau tema yang cerah untuk menarik perhatian audiens. Warna cerah memiliki sifat “berani” sehingga dapat membuat informasi terkesan lebih serius. Dalam hal ini, kamu juga bisa pilih warna yang berkaitan dengan brand dan perusahaan. Salah satu contoh palet warna yang bisa digunakan adalah biru dan orange.

6. Hindari background bermotif

Supaya materi pembahasan dapat terbaca dengan jelas, maka akan lebih baik untuk menghindari background yang bermotif. Jangan berlebihan! PIlih latar belakang polos dengan warna yang kontras dari teks.

7. Pilih font yang mudah dibaca

Kamu harus tahu kalau kita dapat menemukan banyak pilihan font untuk membuat PPT. Cukup dengan mencari referensi nama font, kemudian cari dan unduh melalui Google Font. Untuk font, sesuaikan dengan jenis presentasimu. Pemilihan font yang kurang tepat dapat membuat presentasi menjadi membosankan. Contoh font yang bisa di gunakan adalah Inter dan Poppin.

Baca Juga  Pengacara: Mana Kepikiran? Bharada E

8. Jaga desain agar tetap konsisten

Tampilan yang keren bisa diciptakan melalui desain presentasi yang konsisten. As we know, saat membuat slide, ada banyak pilihan template yang bisa kita gunakan. Nah, usahakan untuk tidak menggunakan desain yang berbeda-beda si setiap slides-nya. Jadi, kemaslah materi dalam desain yang memiliki nuansa sama atau serupa. Hal ini akan membuat deck presentasi terlihat lebih kohesif, rapi, dan profesional.

9. Tambahkan animasi yang memikat hati

Ingin menambah nilai plus dari PPT? Cobalah untuk menyisipkan animasi atau transisi yang beragam. Jangan khawatir, tentunya Microsoft Power Point sudah menyediakan fitur ini. Transisi atau animasi bisa kamu selipkan untuk berpindah dari satu slide ke slide yang lain. Dengan skema ini, harapannya audiens akan terus bersemangat untuk menyimak materi-materi dari presenter. Ingat, hindari animasi dan transisi yang berlebihan ya!

10. Perhatikan ukuran teks

Selain animasi, teks dalam slide juga harus diperhatikan. Kamu bisa menggunakan ukuran 24 untuk teks dalam PPT. Hal ini dilakukan sesuai anjuran dari Association of Research Libraries. Oh ya, untuk judul, kamu bisa mencoba font size 48. Selanjutnya, gunakan juga spasi 1,5 agar posisi teks tidak terlalu rapat. Hal ini penting untuk meningkatkan kenyamanan saat melakukan presentasi.Gitalisa Andayani, dokter spesialis mata menjelaskan, tampilan huruf yang sulit terbaca dapat menyebabkan eye straining yang bisa mengakibatkan rabun jauh.

11. Buat slide yang interaktif

Agar seluruh presentasi dapat berjalan dengan lebih interaktif, mulailah suguhkan beberapa pertanyaan yang terbuka untuk audiens. Dengan cara ini, presentasi kamu akan lebih berwarna karena berjalan secara dua arah. Selain itu, peserta juga akan berusaha untuk mencari tahu lebih lanjut tentang materi yang sedang dibahas.

Akhir Kata

Nah itu di cara membuat presentasi di power point dengan muda yang dapat mimin sampaikan kepada sobat di rumah.  mudah bukan sob cara mengunakan PowerPoint nah bisa dong sobat di rumah lasung peraktikan di sekolah. Nah sampai di sini dulunay sob pembahasan kita kali ini dan sampai jumpa di artikel selanjutnya selamat mencobanya 🙂