Mei 23, 2024

Berita Online Terkini

Informasi Seputar Berita Terkini Terbaru

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Dengan Muda

6 min read
Cara Mengatasi Hidung Tersumbat

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat, Hidung tersumbat sering kali terjadi dan pastinya cukup mengganggu aktivitas, di mana napas menjadi tidak lancar. Tak heran jika banyak orang ingin tahu bagaimana cara mengatasi hidung tersumbat agar tidak terganggu dengan kondisi ini. Tidak selalu flu, penyebab hidung tersumbat bisa dari berbagai kondisi, seperti alergi debu, asap atau tidak kuat terhadap cuaca dingin. Lantas, bagaimana cara mengatasi hidung tersumbat dengan cepat? Cari tahu jawabannya di bawah ini.

Penyebab Terjadinya Hidung Tersumbat

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat

Sebelum mengetahui bagaimana cara mengatasi hidung tersumbat, Anda mungkin perlu memahami apa saja penyebabnya. Nah, berikut beberapa kondisi yang dapat menyebabkan hidung tersumbat.

1. Pilek

Kondisi ini sering kali disebabkan oleh adanya benda asing yang masuk dalam tubuh melalui hidung, seperti kotoran, infeksi, atau peradangan pada saluran napas bagian atas. Pilek biasanya akan menyerang tubuh selama 5-10 hari, dimana hidung tersumbat merupakan salah satu gejalanya.

2. Flu

Penyebab hidung tersumbat selanjutnya adalah flu atau influenza. Kondisi ini disebabkan oleh adanya virus yang menginfeksi sistem pernapasan, seperti hidung, paru-paru, dan tenggorokan. Flu merupakan kondisi yang umum dialami dan dapat sembuh dengan sendirinya selama tidak ada komplikasi lainnya.

3. Alergi

Hidung tersumbat juga dapat terjadi apabila Anda memiliki alergi terhadap zat-zat tertentu, misalnya debu. Sehingga tubuh akan memberikan reaksi. Pada kondisi rinitis alergi, terjadi gangguan pada sistem pernapasan yang menyebabkan produksi lendir meningkat dan membuat penderitanya bersin atau pilek dan hidung menjadi tersumbat.

Baca Juga  Di ketahui, Vaksin COVID-19 Buatan RI

4. Sinusitis

Sinusitis merupakan salah satu komplikasi dari batuk pilek. Umumnya, kondisi ini akan membaik setidaknya dalam 10 hari. Sinusitis menjadi penyebab hidung tersumbat karena ketika dalam kondisi ini, jaringan dalam hidung meradang dan membengkak sehingga rongga hidung menyempit.

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat
eSetelah mengetahui beberapa penyebab hidung tersumbat, kini saatnya Anda mengetahui beberapa cara mengatasi hidung tersumbat, berikut penjelasannya.

1. Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Menjaga Suhu Tetap Hangat

Cara mengatasi hidung tersumbat yang pertama dapat dilakukan dengan menjaga suhu tubuh tetap hangat.  ini dapat dilakukan dengan berjemur di bawah sinar matahari saat pagi. Cobalah untuk duduk di luar rumah di rentang waktu 7-9 pagi. Selain mengatasi hidung tersumbat, berjemur di bawah matahari dapat memberikan banyak manfaat baik bagi kesehatan tubuh, salah satunya meningkatkan imun.

2. Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Menjaga Tubuh Terhidrasi

Menjaga tubuh tetap terhidrasi merupakan salah satu cara mengatasi hidung tersumbat. Mengapa begitu? Pasalnya, menjaga cairan tubuh di butuhkan agar kondisi badan tetap baik. Kekurangan cairan tubuh akan menyebabkan kondisi kesehatan semakin memburuk. Karenanya, penting menjaga cairan tubuh dengan mengonsumsi air putih. Minum air putih dalam jumlah cukup juga akan membantu mengencerkan lendir pada hidung, sehingga akan meredakan hidung tersumbat.

3. Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Menghirup Uap Hangat

Cara mengatasi hidung tersumbat selanjutnya adalah dengan menghirup yang hangat. Upaya ini juga membantu melegakan pernapasan. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu menyiapkan wadah berisi air hangat, kemudian dekatkan wajah pada wadah dan cobalah hirup uap hangatnya. Pastikan air tidak terlalu panas untuk menghindari sensasi luka bakar pada wajah. Anda juga dapat melakukannya dengan cara lain, misalnya mandi air hangat atau membasuh wajah dengan waslap yang sudah di celupkan air panas.

4. Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Menggunakan Humidifier di Ruangan

Memasang humidifier menjadi cara mengatasi hidung tersumbat yang efektif, terlebih apabila Anda berada dalam ruangan yang menggunakan AC. Dengan menggunakan humidifier, kelembaban udara dalam ruangan akan terjaga, selain itu penyebaran debu juga akan berkurang sehingga saluran napas lebih terbuka.

Baca Juga  Menyadap WhatsApp Lewat Google Terlengkap 2022

5. Mengonsumsi Minuman Hangat

Cara atasi hidung tersumbat juga bisa di lakukan dengan mengonsumsi minuman hangat, seperti teh jahe hangat. Cara ini di yakini cukup efektif dalam meringankan hidung tersumbat. Selain itu, mengonsumsi minuman hangat akan membantu melegakan tenggorokan.

6. Menggunakan Minyak Eucalyptus

Minyak eucalyptus merupakan salah satu cara meredakan hidung tersumbat secara alami dengan cepat dan efektif. Oleskan minyak eucalyptus pada bagian tubuh yang meliputi area dada, leher dan hidung. Aroma yang di hasilkan dari minyak tersebut akan membantu menghangatkan hidung sehingga saluran pernapasan menjadi lebih lancar.

7. Mengonsumsi Obat-obatan

Apabila cara alami belum mampu untuk mengatasi hidung tersumbat, maka Anda dapat mengonsumsi obat. Obat yang umum di gunakan untuk mengatasi hidung tersumbat adalah dekongestan dalam bentuk semprotan hidung atau pil. Namun, sebelum mengonsumsi obat-obatan, usahakan Anda berkonsultasi dengan dokter atau tenaga medis terlebih dahulu.

8. Mengoleskan Minyak Eucalyptus

Cara lain mengatasi hidung tersumbat adalah mengoleskan minyak eucalyptus di kisaran hidungmu. Jenis minyak ini merupakan bahan alami yang sudah lama di gunakan sebagai obat berbagai kondisi kesehatan. Untuk masalah hidung tersumbat, minyak eucalyptus pun mampu menjadi pereda yang mujarab. Cara menggunakan minyak ini bisa dengan cara di hirup ataupun di oleskan di area sekitar lubang hidung. Uap dari minyak eucalyptus mampu membuat lapisan lendir di rongga hidung menipis sehingga kamu dapat bernapas lebih lega. Beberapa pendapat bahkan mengatakan minyak eucalyptus dapat di minum untuk meredakan gejala masalah kesehatan, namun metode ini tidak di sarankan karena di khawatirkan efek sampingnya.

9. Mengonsumsi Teh Herbal

Ini dia cara mengatasi hidung tersumbat dengan cara alami lainnya! Kamu bahkan akan merasa cara ini sebagai langkah pengobatan. Soalnya, kamu cukup mengonsumsi teh herbal untuk mengurangi gejala hidung mampet. Teh herbal, khususnya teh peppermint yang memiliki kandungan mentol, bisa menjadi dekongestan alami. Menyeruput teh ini hangat-hangat akan mampu membuat proses bernapas menjadi lebih lega karena peradangan di hidung berkurang. Kamu bisa meminum secangkir teh herbal sambil di iringi dengan musik ataupun di temani biskuit. Selain bisa mengatasi hidung , cara ini juga bisa mengurangi tingkat stres sehingga imunitas tubuh pun menguat.

Baca Juga  Cara Daftar Akun DANA Basic dan Premium dengan Mudah

10. Mandi dengan Air Hangat

Saran untuk mandi dengan air hangat akan banyak kamu terima ketika kamu mengalami hidung tersumbat. Cara mengatasi hidung tersumbat ini akan sangat ampuh untuk kamu yang mengalami hidung mampet karena gejala batuk dan pilek. Uap dari mandi air hangat mampu membuat lendir di rongga hidung menjadi lebih cair dan mudah untuk di keluarkan. Ketika lendir sudah menipis atau bahkan hilang, kamu pun bisa bernapas dengan normal lagi. Jangan lupa untuk menggunakan sabun antibakteri, seperti sabun cair Lifebuoy untuk memastikan kuman dan bakteri yang rentan menimbulkan peradangan di saluran pernapasanmu terbasmi dengan maksimal.

11. Menggunakan Dekongestan

Kamu bisa mengatasi hidung  dengan menggunakan obat bebas yang bisa di beli di mana saja. Belilah obat oral atau obat nasal berjenis dekongestan. Obat jenis ini memiliki sifat zat yang mampu mengurangi peradangan di rongga hidung, dan peradangan inilah yang membuat hidung tersumbat. Jika ingin hasil yang lebih cepat, gunakan dekongestan yang berjenis nasal. Penggunaan obat ini adalah dengan cara di semprotkan ke hidung.

12. Keluarkan Lendir di Hidung

Apa yang biasa kamu lakukan ketika merasa hidung mampet dan sulit untuk bernapas? Hal ini menandakan adanya cairan lendir (mucus), atau yang sering di sebut dengan ingus, yang menyumbat saluran pernapasanmu. Jika selama ini kamu cenderung menghirup kembali ingus yang ada di hidung, hentikan kebiasaan tersebut. Menghirup ingus kembali justru membuat lendir menumpuk di rongga hidung dan semakin membuat gejala hidung tersumbat bertambah parah. Sebaiknya jika memang merasa ada ingus yang hendak keluar, keluarkanlah ingus tersebut. Namun usahakan jangan membuang ingus terlalu kencang, karena malah akan mengirim kembali dahak pembawa kuman ke saluran telinga. Cara membuang ingus yang tepat adalah menutup salah satu lubang hidung, kemudian buang ingus di bagian lubang hidung yang tidak tersumbat.

Namun, sebelum mengonsumsi obat-obatan, usahakan Anda berkonsultasi dengan dokter atau tenaga medis terlebih dahulu. Jadi, apakah Anda juga sering mengalami kondisi di mana hidung tiba-tiba tersumbat, saat cuaca di ingin atau di tempat berdebu? Nah, maka Anda bisa mencoba beberapa cara di atas sebagai alternatifnya. Namun, apabila gejala tersebut tak kunjung membaik bahkan setelah mendapatkan penanganan secara mandiri, maka segeralah ke dokter untuk melakukan pemeriksaaan.