Mei 23, 2024

Berita Online Terkini

Informasi Seputar Berita Terkini Terbaru

Cara Mengembalikan Kontak HP Yang Ilang Terbaru 2023

5 min read
Cara Mengembalikan Kontak

Cara Mengembalikan Kontak

Cara Mengembalikan Kontak, Pernah mengalami kontak hilang ketika ganti HP? Atau kontak tidak sengaja terhapus saat sedang bersih-bersih HP? Tenang, kamu bisa mencoba berbagai cara mengembalikan kontak yang hilang di artikel ini!

Mimin yakin, kamu pasti pernah mengalami salah satu kondisi di atas. Situasi ini bikin kita makin pusing, apalagi kalau yang hilang itu nomor HP yang sifatnya sangat penting.

Ternyata, kontak yang hilang nggak benar-benar “pergi” dari sistem di HP, loh. Sama seperti recycle bin di PC atau laptop, kamu bisa memanfaatkan celah ini untuk mengembalikan nomor HP yang hilang. Langsung saja baca caranya di bawah!

1. Cara Mengembalikan Kontak yang Terhapus Melalui Pengaturan HP

Cara Mengembalikan Kontak

Sebelum menggunakan bantuan pihak ketiga, kita coba utak-atik pengaturan HP terlebih dahulu, yuk! Ada fitur yang memungkinkan kamu untuk mengembalikan kontak yang terhapus atau hilang. Begini cara mengembalikan kontak yang hilang di HP:

– Msuk ke menu Pengaturan/Settings
– Gulir ke bawah sampai menemukan Google atau Google Service
– Pilih Set Up and Restore
– Klik Restore Contact
– Pilih akun Google yang kamu gunakan di smartphone tersebut
– Pilih Restore
– Selesai!

Kalau kamu nggak menemukan menu Google, kamu bisa cari menu lain yang namanya mirip-mirip dengan Google, soalnya tiap HP punya nama menu yang berbeda.

Baca Juga  Cara Daftar LinkAja Dan Cara Top Up Linkaja Dengan Muda Geng

2. Mengembalikan Kontak HP yang Terhapus di Android

Kalau tadi kita memanfaatkan pengaturan HP, sekarang kita gunakan fitur yang ada di aplikasi kontak itu sendiri. Namanya, “Trash” atau “Sampah”. Biasanya, fitur ini ada di HP Android, tapi belum tentu semua tipe ada, ya. Langsung cek dan ikuti caranya di bawah!

– Buka Kontak
– Klik Pengaturan atau tiga titik di ujung atas
– Klik Sampah atau Trash
– Akan ada daftar kontak-kontak yang baru saja terhapus
– Pilih kontak yang ingin dikembalikan
– Pilih Pulihkan
– Selesai

Catatan: pengaturan ini biasanya tersedia untuk kontak yang dihapus dalam periode waktu tertentu, biasanya tidak lebih dari satu bulan.

3. Cara Kembalikan Nomor HP yang Hilang via Gmail

Layanan email dan penyimpanan cloud dari Google, Gmail, ternyata bisa dimanfaatkan untuk mengembalikan kontak yang hilang atau terhapus. Namun syaratnya, kontak ini harus sudah terintegrasi dengan alamat Gmail-mu. Untuk cara memulihkan nomor HP-nya bisa kamu baca di bawah.

– Buka akun Gmail dan masuk ke Inbox
– Cari menu dropdown yang bertuliskan More
– Klik bagian tersebut dan pilih Restore Contact
– Kamu akan menemukan kontak yang pernah kamu simpan, baik itu yang baru saja Anda simpan, kemarin, sampai 30 hari yang lalu
– Pilih Sinkronisasi ulang atau Resync
– Cek apakah nomor HP yang hilang sudah kembali
– Selesai

Catatan: Semua kontak yang kamu simpan sebelum batas waktu tersebut tidak akan bisa dipulihkan. Jadi, cara ini lebih cocok buat memulihkan kontak yang baru disimpan tapi tidak sengaja terhapus

4. Cara Memulihkan Kontak HP yang Hilang via Google Contacts

Alternatif lain yang bisa kamu gunakan untuk mengembalikan kontak yang hilang ialah dengan Google Contacts. Sama seperti Gmail, pastikan kontak yang kamu simpan sudah terintegrasi dengan layanan Google agar proses pemulihannya berjalan lancar. Begini cara mengembalikan kontak yang terhapus di Google:

Baca Juga  Cara Mudah Mengatasi Imei Tidak Terdaftar

– Buka aplikasi Google Contact
– Login ke Google Contact dengan akun Gmail yang terhubung di smartphone kamu
– Klik ikon Settings di bagian kanan atas
– Pilih Undo Changes
– Pilih opsi periode waktu yang diinginkan untuk mengembalikan kontak
– Klik Undo
– Selesai

5. Cara Mengembalikan Kontak yang Hilang di WA (WhatsApp)

Mungkin terdengar sulit dipercaya, tapi kamu bisa memulihkan kontak yang hilang lewat aplikasi chatting yang satu ini. Tentu saja, nomor yang hilang ini harus sudah pernah menghubungimu dan tidak kamu hapus pesannya. Ini langkah mengembalikannya:

– Buka aplikasi WhatsApp
– Scroll percakapan hingga kamu menemukan kontak orang yang hilang
– Jika sudah ketemu, simpan nomor HP-nya
– Selesai

Kamu juga bisa mencari nama orang yang kontaknya hilang di grup WhatsApp, jika kalian berada di dalam satu grup yang sama.

6. Cara Memulihkan Nomor HP Pakai Aplikasi Recover Deleted All Contacts

Kalau kamu belum berhasil mencoba cara mengembalikan kontak yang hilang setelah direset di atas, kamu mungkin memerlukan bantuan pihak ketiga. Salah satu aplikasi yang Miminrekomendasikan ialah Recover Deleted All Contacts. Aplikasi ini bisa memulihkan, menduplikat, dan mencadangkan kontak dengan mudah. Penggunanya sudah mencapai lebih dari 100.000 lebih. Rating aplikasinya juga cukup baik, yaitu 4/5. Ini cara menggunakannya:

– Unduh dan buka aplikasi Recover Deleted All Contatcs di sini
– Klik Get Started
– Klik Recover
– Beri izin aplikasi
– Kamu akan menemukan kontak yang terhapus
– Klik Recover atau Restore
– Selesai

7. Cara Mengembalikan Nomor HP yang Hilang di iPhone

Untuk pengguna iPhone, jangan khawatir. Mimin juga punya cara mengembalikan kontak yang hilang di iPhone dengan mudah pakai fitur iCloud. Langkahnya cukup praktis karena tidak perlu instal apapun. Silakan simak caranya:

Baca Juga  Fitur Facebook Terbaru Terkeren di 2023

– Buka web browser di HP
–  situs icloud.com lalu login di situs tersebut
– Buka menu Account Settings
– Pilih menu Advance, dan Restore Contact
– Berikutnya klik Restore Next
– Tentukan tanggal pemulihan (sebelum kontak terhapus)
– Klik menu Restore Again To Confirm untuk melakukan pemulihan data.
– Selesai

Mana Cara Mengembalikan Kontak yang Hilang Terbaik versi bolehnews?

Dari sekian banyak cara mengembalikan nomor HP yang hilang di atas, Mimin merekomendasikan kamu untuk menggunakan fitur bawaan smartphone-mu, yang tersedia di aplikasi kontak.

Selain praktis karena tidak perlu instal aplikasi apapun, fitur ini mudah didapatkan karena sudah tersedia di hampir seluruh merek HP. Jika masih gagal, Mimin sarankan kamu untuk mengutak-atik pengaturan HP seperti yang sudah Mimin jelaskan di atas.

Dari segi kemudahan penggunaan dan efektivitas dalam mengembalikan kontak HP yang hilang, berikut daftar cara mengembalikan kontak yang hilang di HP Samsung, Vivo, dan lain-lain versi bolehnews.com.

– Menggunakan fitur di aplikasi kontak
– Mengakses pengaturan HP
– Menggunakan Google Contacts
– Memakai Gmail
– Memakai iCloud
– Menggunakan WhatsApp
– Menggunakan aplikasi pihak ketiga

Akhir Kata

Cara mengembalikan kontak yang hilang di atas bisa langsung kamu praktikkan saat tidak sengaja menghapus nomor HP penting! Jika bingung memilih cara yang terbaik, kamu bisa ikuti rekomendasi dari Mimin.

Sekadar tips, Mimin sarankan kamu untuk selalu melakukan back up kontak agar ketika terhapus atau hilang, kamu bisa memulihkannya dengan mudah. Kebanyakan kasus kontak hilang tidak dapat di-restore karena tidak ada file backup-nya.

Lalu, sebisa mungkin manfaatkan fitur yang sudah tersedia di perangkat daripada menggunakan aplikasi pihak ketiga. Soalnya, APK ini bisa saja mengambil informasi yang ada di kontakmu dan menyelewengkannya. Semoga informasi ini membantu!