Mei 23, 2024

Berita Online Terkini

Informasi Seputar Berita Terkini Terbaru

Cara Menghilangkan Kerutan di Dahi Dengan Muda

4 min read
Cara Menghilangkan Kerutan 1

Menghilangkan Kerutan di Dahi

Cara Menghilangkan Kerutan

Cara Menghilangkan Kerutan , Tanda penuaan biasanya dimulai dengan munculnya kerutan di dahi. Moms ingin tahu bagaimana cara menghilangkan kerutan di dahi? Penuaan dini, hilangnya elastisitas kulit, sinar matahari, dan genetik mungkin menjadi penyebabnya. Ada beberapa cara menghilangkan kerutan di dahi yang cepat, seperti dengan cara mengubah gaya hidup dan menggunakan produk perawatan kecantikan.

Penyebab Umum Kerutan Dahi

Menurut dokter kulit bersertifikat dan pendiri Entière Dermatology, Dr. Melissa Kanchanapoomi Levin, kerutan di dahi adalah salah satu masalah perawatan kulit terbesar di antara pasien berusia 25 tahun ke atas.

Faktor utama dari terbentuknya kerutan di dahi adalah usia. “Pertambahan usia menyebabkan penurunan produksi kolagen. Namun tidak hanya itu saja, sebab paparan sinar matahari yang berlebihan juga dapat memperlambat produksi alami kolagen dalam tubuh, “ jelas Melissa, dikutip dari Byrdie. Melissa menambahkan, selain sinar matahari dan usia, ada beberapa penyebab umum lainnya yang menyebabkan timbulnya kerutan di dahi, seperti:

– Penggunaan otot wajah
– Sering melakukan ekspresi wajah berulang, seperti menaikkan alis, sehingga memicu kerutan di dahi
– Menatap layar ponsel atau laptop telalu lama
– Stres
– Efek gravitasi
– Polusi
– Genetika

Cara Menghilangkan Kerutan di Dahi secara Alami

Cara Menghilangkan Kerutan 1

Gaya hidup berdampak besar pada kesehatan kulit dan pembentukan keriput di dahi. Dikutip dari Healthline, berikut beberapa cara menghilangkan kerutan di dahi secara alami.

Baca Juga  Heboh Hadiah Bulutangkis

1. Lindungi Kulit dari Sinar Matahari

Paparan sinar ultraviolet dari matahari dalam jangka panjang diketahui sangat berkontribusi pada terjadinya penuaan dini, seperti kerutan dan flek hitam. Jika tanpa perlindungan seperti menggunakan sunscreen, kondisi kulit wajah akan cepat berkurang keelastisannya. Melansir dari laman Skin Cancer, penggunaan sunscreen yang memiliki SPF 15 atau lebih tinggi setiap hari akan memperlambat proses penuaan kulit dan mengurangi risiko bintik hitam dan kerutan di kemudian hari.

2. Kelola Stres

Tidak banyak yang tahu bahwa ternyata rasa khawatir yang berlebihan juga dapat menyebabkan munculnya garis halus di wajah, serta juga menyebabkan kerutan di dahi. Sulit untuk menghilangkan semua stres, tetapi tetap mengendalikannya dengan tepat dapat menjadi cara menghilangkan kerutan di dahi yang optimal. Untuk membantu mengelola stres, Anxiety and Depression Association of America memberikan beberapa tips yang bisa dicoba, seperti:

– Bermeditasi
– Melakukan yoga
– Melatih pernapasan diafragma
– Menghirup aromaterapi
– Makan makanan yang sehat
– Cukup tidur
– Berbicara dengan terapis
– Menulis jurnal
– Berolahraga setiap hari

3. Tetap Terhidrasi

Kulit yang kering akan membuat pembentukan kerutan di dahi semakin mudah. Kulit yang terhidrasi dengan baik akan membantu mengurangi tampilan kerutan di dahi. Karena itu salah satu cara menghilangkan kerutan di dahi secara alami adalah pastikan tubuh tetap terhidrasi dengan minum 8 gelas air setiap hari. Saat berolahraga atau menghabiskan waktu di bawah sinar matahari, minumlah lebih banyak. Moms juga dapat mencoba infused water agar menambah kesegaran saat minum dan meningkatkan manfaat kesehatannya.

4. Konsumsi Makanan yang Sehat Seimbang

Konsumsi makanan seimbang juga merupakan salah satu cara menghilangkan kerutan di dahi. Hal itu dibuktikan dalam penelitian yang diterbitkan di The American Journal of Clinical Nutrition. Penelitian tersebut menjelaskan bahwa pola makan memainkan peran penting dalam proses penuaan kulit. Para peneliti menemukan bahwa asupan tinggi vitamin C dan asam linolenat (asam lemak omega-3) dapat mengurangi risiko kulit kering pada perempuan dengan usia lanjut Vitamin C juga dapat membuat kulit memiliki risiko menjadi keriput lebih rendah.

Baca Juga  Obat Alami untuk Mengatasi Nyeri Sendi Pada Tubuh

5. Menggunakan Masker Alami

Cara menghilangkan kerutan di dahi juga bisa dilakukan dengan menggunakan masker alami. Banyak rumor di Internet yang menyebutkan bahwa seseorang bisa mengurangi dan menghilangkan kerutan di dahinya hanya dengan melakukan pijatan di area wajah berkerut dan tentu saja menggunakan masker berbahan alami.

Banyak rumor di Internet yang menyebutkan bahwa seseorang bisa mengurangi dan menghilangkan kerutan di dahinya hanya dengan melakukan pijatan di area wajah berkerut dan tentu saja menggunakan masker berbahan alami. Terlepas benar atau tidak, tetapi melakukannya tentu bukan hal yang buruk. Untuk itu, Berikut terdapat 2 masker alami yang bisa Moms coba untuk mengurangi kerutan yang terdapat di dahi.

– Masker Minyak Kelapa

Minyak kelapa daapat melembabkan kulit dan mengurangi munculnya kerutan di dahi. Bahan ini mengandung antioksidan yang dapat menghilangkan aktivitas radikal bebas pada jaringan kulit. Ini dapat di  gunakan saat malam hari. Moms hanya perlu mengambil satu sendok minyak kelapa, lalu mengusap dan memijitnya di area dahi. Jangan lupa untuk melakukan ini setiap malam sebelum tidur. Namun, Moms perlu Moms garis bawahi, bahwa jika masker alami ini justru membuat kulit wajah Moms lebih berminyak atau rentan berjerawat, maka tidak di sarankan untuk menggunakannya.

– Masker Minyak Jarak

Asam Ricinoleic yang di temukan dalam minyak jarak mengandung antioksidan. Antioksidan ini mampu mencegah kerusakan pada kulit akibat radikal bebas, dan menjaga kulit dahi tetap sehat dan bebas dari garis kerutan. Moms hanya perlu mengusapkannya ke area dahi, dan mendiamkannya selama semalaman.

Akan tetapi, untuk Moms yang butuh cara menghilangkan kerutan di dahi yang cukup efektif, bisa coba langkah di atas, ya!

Baca Juga   Mengenal Erina Gudono Calon Istri Kaesang Pangarep