Mei 23, 2024

Berita Online Terkini

Informasi Seputar Berita Terkini Terbaru

Cara Merakit PC Gaming Untuk Pemula Yang Paling Gampang

5 min read
cara-merakit-pc-gaming-idaman-2023

tips rakit pc gaming termurah 2023

Cara Merakit PC Gaming, Ada beberapa tutorial cara merakit PC gaming yang harus di ketahui oleh pemula, Mimin akan berbagi petunjuknya di artikel ini. PC gaming biasanya memiliki resolusi yang lebih tinggi, kecepatan RAM, dan visual baik jika di bandingkan dengan PC biasa. Hal tersebut di karenakan game PC membutuhkan spesifikasi tinggi.
Apabila kamu seorang gamer maka sebaiknya harus bisa merakit PC gaming sendiri agar bisa mendapatkan komponen PC terbaik yang bisa di beli secara terpisah.
How To Tekno telah menyusun panduan cara merakit PC gaming murah yang bisa di ikuti siapa saja, termasuk para pemula.

Daftar Tata Cara Merakit PC Gaming Pemula Dengan Budget Minim

komponen penting dalam rakit pc gaming 2023

Berikut ini adalah tutorial cara merakit PC gaming yang benar, di kutip dari laman Gamespot:

1. Menyiapkan Motherboard

Sebenarnya, cara memasang Motherboard berbeda-beda dan bisa kamu baca lewat buku petunjuk ketika pembelian Motherboatd. Namun, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan ketika persiapan Motherboard ini, yaitu:

– Pastikan kamu merakit PC pada permukaan yang datar dan jangan di atas karpet atau benda yang bisa menghantarkan listrik karena bisa menyebabkan kerusakan pada komponen PC.
– Keluarkan Motherboard dari kemasannya dan letakkan di permukaan yang rata. Kamu dapat meletakkannya langsung di meja, tetapi kami secara pribadi meletakkannya di atas kotaknya untuk menghindari goresan meja kami.

Baca Juga  Cara Membuat Struktur Organisasi di Word Denagn Muda

2. Install CPU

Langkah selanjutnya adalah instal CPU, kami menyarankan untuk menggunakan CPU AMD Ryzen karena memang cocok untuk gaming.

– Lepaskan soket CPU dari plastik pelindung secara lembut dan jangan sampai ada goresan.
– Pastikan soket CPU sudah terbuka agar bisa menginstal CPU ke motherboard. Pastikan juga CPU harus memiliki beberapa lekukan setengah lingkaran kecil di papannya.
– Setelah mengetahui cara menempatkan CPU ke dalam soketnya, lakukan dengan lembut. Jangan memberikan tekanan langsung pada CPU.

3. Install SSD pada Slot M2 Motherboard

Buka buku manual Motherboar dan temukan Slot M2 untuk menempatkan SSD.

– Masukkan SSD ke dalam slotnya masing-masing, tetapi jangan menekan terlalu keras
– Setelah SSD berada di slotnya, ujung yang berlawanan harus mengarah ke atas pada sudut di agonal.
– Ambil masing-masing sekrup yang biasanya sudah di sertakan dengan Motherboard dan kencangkan setiap SSD dengan sekrup tersebut.

4. Instalasi RAM / Memory Card PC

Kemudian, kamu harus mulai install RAM. Perlu di ketahui jika kamu memiliki empat slot dan hanya dua batang RAM yang akan di gunakan, maka harus memastikan kedua batang tersebut di tempatkan terpisah di slot pertama dan ketiga atau kedua dan keempat. Menempatkan RAM terpisah seperti ini akan membantu mendapatkan hasil maksimal dari CPU.

– Pertama, pastikan untuk melepaskan plastik di kedua sisi setiap slot yang ingin kamu pakai.
– Masukkan RAM, langkah ini membutuhkan lebih banyak kekuatan, tetapi pastikan kamu melakukannya dengan lembut.
– Saat mendengar bunyi klik, artinya RAM ada di slotnya.

5. Masukkan Motherboar ke Casing CPU

Sekarang waktunya untuk memasukkan Motherboard ke dalam casing, tetapi pertama-tama harus memasang beberapa sekrup penahan yang akan di pasang pada motherboard sebelum memasangnya. Kamu bisa membaca buku petunjuk karena cara pasang Motherboard ke dalam tempatnya berbeda-beda sesuai dengan jenis dan merek.

Baca Juga  Manfaat Terapi Lintah Dan Cara Berternak Lintah

6. Pasang Power Supply

Baca terlebih dahulu manual casing agar tahu di mana letak Power Supply PC kamu di letakkan, jika sudah menemukannya kamu bisa langsung memasangnya. Jika sudah terpasang, kamu bisa menghubungkan Power Suply dengan SSD pada Motherboard menggunakan kabel. Lakukan hal yang sama untuk bagian-bagian lainnya di Motherboard, cara ini bisa merujuk ke buku panduan.

7. Pemasangan Cooling System

Jangan lupa untuk memasang cooling system agar pengalaman bermain game menjadi lebih maksimal. Pasang terlebih dahulu braket sistem ke Motherboard dan pasang cooling system yang sudah kamu siapkan.

8. Pasang Kartu Grafis (VGA CARD)

Setelah itu waktunya untuk pemasangan kartu grafis yang sudah kamu siapkan.

– Pertama, harus melepas plastik pelindung sisipan slot ekspansi yang sesuai di bagian belakang casing CPU.
– Kemudian pasang kartu grafis secara perlahan dan lembut hingga terdengar bunyi klik.
– Jangan lupa untuk menghubungkan kartu grafis ke power supply.

9. Install Sistem Operasi

Jika CPU sudah siap, kamu bisa memasang monitor, mouse, dan lainnya. Kemudian lakukan instalasi sistem operasi agar komputer bisa berjalan dengan baik.

10. Memasang Prosesor Pentium / AMD

Cara merakit PC gaming yang pertama adalah tentukan dan pasang prosesor yang Anda inginkan. Sebelum memasang motherboard ke casing, Anda harus lebih dulu memasang prosesor dan RAM ke motherboard agar lebih mudah ketika di pasang. Berikut ini langkah yang dapat di lakukan :

– Untuk memasang processor ke motherboard, Anda harus menentukan dulu posisi pin 1 pada prosessor dan socket prosessor di motherboard. Umumnya, patokan untuk memasang prosesor terletak di pojok yang di tandai dengan tanda titik atau lekukan.
– Angkat tuas pengunci socket ke atas supaya terbuka.
– Berikan Thermal Paste secukupnya pada lapisan atas prosesor.
– Sesuaikan posisi kaki processor dengan lubang socket, kalau sudah lalu tekan processor ke dalam socket hingga rapat.
– Pasangkan kipas atau fan di atas prosesor lalu kencangkan.

Baca Juga  Cara Cepet Daftar Merchat Shopee Food Dengan Mudah

11. Pasang Card Adapter

Card adapter yang di maksud di sini adalah sound card, video card, modern, dan lain sebagainya. Untuk proses pemasangannya cukup mudah yaitu:
Masukkan Card Adapter pada slot yang tersedia di motherboard, lalu tekan sampai konektor benar-benar masuk, kemudian beri sekrup sebagai penahan card.

12. Rapikan

Bila semua komponen memang di pastikan telah terpasang, bagian terakhir adalah merapikan setiap komponen yang ada. Mulai dari manajemen kabel dan aksesoris tambahan lainnya seperti fan dan lampu RGB. Pastikan juga bahwa setiap sokter dan kabel memang telah terpasang dengan baik agar aliran daya dari power supply akan dapat mengalir ke seluruh komponen. Apabila semua komponen telah selesai di rakit, ada baiknya Anda melakukan pemeriksaan dan pengetesan dengan program BIOS.

Cara Melihat Hasil  adalah :

Setelah Tahapan merakit PC Gaming diatas telah diselesaikan. Selanjutnya adalah melihat hasil apakah benar menyala pc gaming impianmu, yakni adalah :

– Nyalakan PC dan monitor, lihat layar monitor dan juga dengarkan suara dari speaker.
– Bila menyala sempurna maka BIOS akan otomatis mendeteksi hardware apa saja yang sudah di pasang pada komputer.
– Lakukan beberapa pengaturan untuk nilai dari kapasitas hardisk dan boot sequence. Ini bertujuan untuk memasang sistem operasi untuk pertama kali.
– Jika sudah lalu simpan hasil pengaturan dan keluar dari setup BIOS, setelah itu PC akan me-restart dan melakukan pencarian boot sesuai dengan pengaturan boot sequence pada Bios.
– Masukkan CD Bootable yang berisi sistem operasi pada drive pencarian lalu ikuti setiap langkah agar sistem operasi dapat terpasang dengan baik.

KESIMPULAN

Itulah tutorial cara merakit PC gaming impian dengan budget minimal dibawah 5jutaan yang bisa kamu ikuti. Demikianlah ulasan artikel tutorial dalam merakit pc gaming termurah seIndonesia, semoga dapat membantu sobat pembaca!