Mei 22, 2024

Berita Online Terkini

Informasi Seputar Berita Terkini Terbaru

Cara Merawat Anjing Supaya Sehat Selalu

5 min read
Cara Merawat Anjing

Cara Merawat Anjing

Cara Merawat Anjing, Memiliki hewan peliharaan seperti anjing menjadi satu di antara kegiatan yang dapat Anda lakukan untuk mencegah stres. Akan tetapi, saat memutuskan untuk memelihara anjing, Anda harus terlebih dahulu mengetahui cara merawatnya agar selalu sehat. Anjing merupakan satu di antara hewan peliharaan favorit. Selain memiliki tingkah yang sangat lucu, anjing dapat dilatih dan penurut. Aning memiliki banyak ras, semisal ada cocok untuk dipelihara, ada pula yang pintar dilatih menjadi anjing penjaga. Merawat anjing agar tetap sehat terbilang gampang-gampang susah. Para pemilik harus memperhatikannya kebutuhan anjing peliharaannya. Ada berbagai cara yang dapat Anda lakukan untuk menunjukkan tanggung jawab Anda sebagai pemilik, seperti memberikan vaksin dan memperhatikan asupan makanan. Sebagai pemilik, Anda harus selalu bertanggung jawab atas segala hal yang berkaitan dengan anjing peliharaan kesayangan Anda dan keluarga. Berikut sembilan cara merawat anjing agar tetap sehat, seperti dikutip dari Dogtime, Rabu (14/7/2021).

Cara Merawat Anjing agar Selalu Sehat

Cara Merawat Anjing

1. Memberikan Vaksin

Pada usia tiga bulan, antibodi pelindung yang secara alami diturunkan melalui susu induknya telah habis dan anak anjing Anda perlu divaksinasi untuk membantu melindungi mereka dari penyakit menular, seperti leptospirosis, distemper, dan parvovirus, serta vaksinasi rabies. Dokter hewan Anda juga dapat merekomendasikan vaksinasi untuk jenis penyakit lainnya. Pemberian vaksin secara rutin akan membuat anjing terlindungi dan membuat imunitas mereka makin kebal.

Baca Juga  Tanda Website Diretas Dan Cara Megatasinya

2. Kunjungi Dokter Secara Rutin

Anjing membutuhkan kunjungan rutin ke dokter untuk memastikan kesehatannya. Pemeriksaan kesehatan tahunan atau bulanan memberi dokter hewan Anda kesempatan untuk mengatasi penyakit atau masalah kesehatan apa pun sejak awal, sebelum itu menyebabkan masalah yang lebih besar. Dokter hewan akan bertanya tentang perilaku, makan, dan kebiasaan aktivitas fisik anjing Anda, sambil memeriksa statistik vital. Periksakan anjing Anda di klinik hewan yang memiliki fasilitas memadai dan dokter bersertifikat.

3. Memberikan Makanan Bernutrisi

Untuk menjaga anjing Anda tetap sehat dan aktif, berikan makanan yang mengandung nutrisi tinggi. Pertumbuhan anjing Anda tidak akan maksimal jika Anda tidak memberikannya nutrisi yang lengkap. Nutrisi yang diperlukan oleh anjing adalah protein, lemak, vitamin, dan mineral dalam jumlah yang tepat. Khusus untuk anak anjing, Anda perlu memberinya konsentrat supaya bisa menerima semua gizi tanpa harus memberatkan sistem pencernaannya.

4. Ajak Anjing Melakukan Aktivitas Fisik

Berlari mengelilingin blok atau berjalan santai di taman dapat membuat anjing Anda memiliki fisik yang prima dan selalu terjaga kesehatannya. Selain itu hal tersebut dapat mengurangi obesitas serta perilaku agresif yang kerap dimiliki berbagai jenis anjing. Anda bisa mengajaknya bermain lempar bola atau tongkat, yang akan dikejar oleh anjing Anda. Aktivitas fisik secara rutindapat membuat massa otot pada anjing menjadi makin kuat.

5. Ajak Bermain

Cara Merawat Anjing

Anjing merupakan satu di antara hewan yang paling setia, mereka menggemari waktu saat bersama dengan pemiliknya. Anda harus menyadari ini sehingga anjing bisa tumbuh dengan baik dan selalu aktif. Luangkan waktu untuk mengajak mereka bermain, atau setidaknya mengelus mereka dan memberikan kasih sayang. Sediakan juga berbagai mainan yang disukai anjing, seperti bola dan ajak mereka berlarian agar tehindar dari stres.

6. Memperhatikan Asupan Makanan

Perhatikan asupan makanan anjing Anda, jangan sampai makan yang terlalu berlebihan dan berbagai lemak di dalamnya membuat anjing kesayangan menjadi obesitas. Selain itu, ada berbagai makanan yang dapat beracun atau membahayakan kesehatan anjing, seperti bawang bombai, kopi, kismis, makanan berjamur, dan kacang-kacangan.

Baca Juga  aktivis anti-aborsi mengincar target baru

7. Menghindarkan dari Kutu

Kutu dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti kulit gatal. Kutu bisa menjadi sumber alergi, anemia, dan cacing pita. Beruntung, ada banyak produk pengendalian kutu yang tersedia. Perlu di perhatikan, pmberian obat harus di berikan bulanan berdasarkan berat anjing Anda.

Selain itu, jauhkan anjing Anda dari tempat yang lembap. Kutu sangat menyukai tempat lembap, yang jauh dari sinar matahari, sehingga sebisa mungkin tempatkan kandang anjing jauh dari tempat lembap dan terhalang dari sinar matahari secara total.

8. Cara Merawat Anjing Menjaga Kebersihan Anjing

Cara Merawat Anjing 3

Anda tentu ingin memiliki anjing yang sehat dan menggemaskan, oleh karena itu jangan lupa menjaga kebersihannya. Anjing yang gemar bermain di luar rumah harus di perhatikan kebersihannya agar tidak ada kuman dan bakteri yang dapat menyebabkan penyakit. Sebaiknya anjing di mandikan dua kali dalam sebulan untuk memastikan anjing terbebas dari kuman dan kotoran. Untuk membuat badan dan bulu anjing bersih, Anda bisa menggunakan sampo yang di khususkan untuk perawatan anjing.

9. Cara Merawat Anjing Manyikat Gigi

Bau mulut bisa menjadi pertanda masalah gigi atau gusi pada anjing. Partikel makanan, air liur, dan bakteri yang di kenal sebagai plak dapat menumpuk di gusi serta gigi dan menyebabkan infeksi. Jika Anda tidak mengobatinya, infeksi dapat menyebabkan kerusakan gigi dan bahkan berpindah ke aliran darah dan memengaruhi jantung, paru-paru, hati, ginjal, tulang, hingga persendian anjing Anda. Periksa gigi dan gusi setiap minggu, dan tanyakan kepada dokter hewan Anda untuk petunjuk tentang menyikat gigi secara teratur dengan pasta gigi anjing.

10. Cara Merawat Anjing Siapkan Kandang yang Nyaman

Tempat istirahat yang nyaman merupakan hal utama yang perlu kamu siapkan saat merawat anak anjing. Letakkan kandang anjing jauh dari suara bising dan barang-barang berbahaya. Kemudian, bersihkan kandang tersebut secara rutin untuk mencegah timbulnya kuman dan bakteri. Nah, ini dia rekomendasi tempat tidur dan kandang anjing terbaik yang bisa kamu pilih.

Baca Juga  Cara Pinjam Uang Mengunakan Aplikasi DANA

11. Cara Merawat Anjing Berikan Makanan Berkualitas

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya, tentu kamu perlu memberikan makanan anak anjing yang berkualitas. Apalagi, anak anjing yang baru lahir masih sensitif dan memerlukan makanan khusus. Selain itu, kamu harus cermat dalam memilih makanan tersebut agar hewan peliharaan kamu tidak keracunan. Cek juga jenis-jenis makanan yang berbahaya bagi anjing di sini.

12. Cara Merawat Anjing Berikan Mainan Khusus

Selain mengurus dan merawatnya, kamu juga perlu mengajak anjing bermain dan berinteraksi.Hal ini dapat memperdalam hubungan antara pemilik dan hewan peliharaan sekaligus mencegah anjing menjadi stres.

13. Cara Merawat Anjing Membersihkan Anak Anjing

Walaupun anak anjing yang baru lahir sudah pasti bersih, namun kamu tetap harus memperhatikan kebersihannya mulai dari ujung kuku, gigi, mata hingga bulu pada tubuhnya dengan rutin. Kamu bisa melakukan pengecekan kebersihan pada anjingmu setidaknya seminggu sekali. Siapkan peralatan untuk memandikannya seperti handuk, sisir bulu khusus anjing, pengering bulu, air hangat dan ember. Mandikan anak anjingmu dengan perasaan lembut, usapkan air hangat pelan-pelan. Sebaiknya jangan berikan shampo anjing karena anak anjing masih sensitif terhadap detergen yang bersifat basa, apalagi jika air masuk ke dalam matanya.Jangan lupa keringkan dengan pengering bersuhu hangat. Dengan membersihkan badannya dengan rutin, kamu berarti telah menjaga kenyamanannya.

14. Berikan Belaian Yang Lembut

Cara merawat anak anjing selanjutnya adalah kamu bisa memberikan sentuhan atau belaian hangat dan lembut untuk si puppy. Di umur yang masih sangat kecil ini, ia sangat membutuhkan belaian kasih sayang dari induknya, namun karena induknya tidak mau merawatnya kamu bisa menggantikan perannya sementara. Merawat anjing yang berumur 1 bulan dengan kasih sayang akan memberikan ikatan tersendiri dengan anjing tersebut sehingga dia akan terus ingat kebaikan majikannya. Anak anjing yang berumur 1 bulan adalah makhluk yang rapuh , sama dengan anak manusia yang masih kecil, memberikan belaian kasih sayang akan menjadi nilai yang paling berharga untuknya. Jika kamu ingin memeluknya pastikan belai lembut dengan satu tangan tetap di dadanya untuk melindungi rasa trauma, tekanan dan rasa kaget yang ia takuti.