Mei 23, 2024

Berita Online Terkini

Informasi Seputar Berita Terkini Terbaru

Cara Pasang Aki Mobil Dengan Muda Anti Ribet

6 min read
Cara Pasang Aki Mobil 2

Cara Pasang Aki Mobil

Cara Pasang Aki Mobil, Cara pasang aki mobil tidak sulit. Bahkan, OtoFriends bisa melakukannya di rumah. Aki mobil berfungsi memberikan daya listrik untuk memenuhi semua kebutuhan perangkat elektronik mobil. Mobil tidak akan bisa berfungsi maksimal tanpa aki. Simak beberapa cara pasang aki mobil yang benar berikut ini!

1.  Cara Pasang Aki Mobil Lepas aki lama

Cara memasang aki mobil yang pertama adalah matikan mesin mobil terlebih dahulu. Kemudian, lepas aki dengan cara buka kap mobil, lepas kabel, klem, serta baut yang ada di kutub negatif, lalu lepas baut di kutub positif. Hal ini bertujuan agar tidak ada korsleting akibat hubungan listrik arus pendek.

Setelah semua terlepas, angkat aki secara tegak lurus agar cairan dalam aki tidak tumpah. Kemudian, perhatikan kabel dan klem aki. Apabila tampak berkarat, sebaiknya bersihkan dulu menggunakan cairan khusus. Dengan demikian, karat tersebut tidak akan menghalangi masuknya aliran listrik dan daya listrik yang diperlukan perangkat lain pun berkurang.

2. Cara Pasang Aki Mobil Tempatkan aki secara tegak lurus

Letakkan aki secara tegak lurus di bagian dudukan. Selanjutnya, pasang kabel positif ke terminal positif, baru kemudian pasang kabel negatif ke terminal negatif. Cara ini dilakukan untuk menghindari percikan api di kutup positif.

Baca Juga  Cara Reset Kunci Koper Anti Ribet

3. Cara Pasang Aki Mobil Pasang kabel positif dan negatif

Saat memasang kabel positif dan negatif, walaupun dipasang dengan cara yang benar, ada kemungkinan percikan api tetap muncul. Namun, OtoFriends tidak perlu khawatir. Sebab, percikan api itu akan berhenti saat kepala aki sudah terpasang sempurna.

4. Pastikan kabel dan klem sudah terpasang

Jangan lupa untuk memastikan semua kabel dan klem terpasang sempurna. Sebab, apabila ada kabel atau klem yang kendor, mobil tidak akan bisa menyala.

5. Nyalakan kembali mesin mobil

Setelah semua bagian aki terpasang dengan baik, nyalakan mesin mobil. Tunggu beberapa saat, baru kemudian gunakan mobil sebagaimana biasanya.

Penyebab Aki Mobil Soak

Cara Pasang Aki Mobil
Check and maintenance the battery in car with yourself. Service and maintenance car or vehicle.

1. Mobil jarang dipanaskan

Jangan lupa untuk memanaskan mobil secara teratur. Jika tidak, aki akan soak karena tidak mendapatkan aliran listrik yang cukup. Akibatnya, kapasitas aki kurang optimal. Oleh sebab itu, kendarai mobil setidaknya seminggu sekali agar aliran listrik ke aki tetap optimal. Sehingga, masa pakai aki pun bisa lebih lama.

2. Intensitas penggunaan mobil terlalu tinggi

Sebaliknya, mobil yang terlalu sering digunakan juga bisa menyebabkan aki soak. Intensitas penggunaan mobil yang tinggi menyebabkan kebutuhan daya listrik kian besar. Akibatnya, aki akan bekerja terlalu ekstra sehingga umur pakai pun berkurang.

3. Air aki habis

Apabila OtoFriends menggunakan aki tipe basah, pastikan aki selalu terisi. Selain perawatan aki basah lebih mudah, masa pakainya juga lebih lama. Akan tetapi, jangan sampai kehabisan air aki karena dapat mempengaruhi kinerja mesin. Bahkan, aki bisa saja soak. Oleh sebab itu, OtoFriends pastikan rutin mengecek air aki sebelum bepergian.

4. Aksesoris mobil berlebihan

Melakukan modifikasi mobil memang menyenangkan. Namun, saat melakukan modifikasi, tidak jarang pemilik mobil tidak memperhatikan kapasitas aki. Misalnya, saat memasang sistem audio yang butuh daya listrik besar, sebaiknya sesuaikan dengan kapasitas aki yang digunakan. Apabila OtoFriends abai terhadap hal ini, daya aki akan tersedot habis sehingga aki pun rusak atau soak.

Selain sistem audio, perhatikan pula penggunaan lampu. Jika tidak sesuai standar, itu akan merusak aki mobil. Oleh sebab itu, perhatikan dulu berapa daya yang dibutuhkan sebelum menambahkan aksesoris seperti sistem audio, lampu projector, hingga lampu HID. Jika kebutuhan daya tidak sesuai, OtoFriends bisa menyiasatinya dengan cara mengganti aki mobil dengan ampere yang lebih besar.

Baca Juga  Software Development

5. Aki mobil tidak sesuai kapasitas

Jangan asal memilih aki mobil. Pastikan kapasitas aki sudah sesuai dengan kelistrikan mobil. Sebab, menggunakan aki yang kapasitasnya terlalu kecil dapat menyebabkan over suplai aliran listrik. Akibatnya, usia pakai aki berkurang dan aki pun cepat soak karena penggunaannya tidak sesuai kapasitas.

6. Aki mobil sudah tua

Tidak ada aki mobil yang bisa bertahan selamanya. Kemampuan aki akan semakin berkurang seiring berjalannya waktu. Agar terhindar dari kerusakan aki, sebaiknya ganti aki mobil setidaknya dua hingga tiga tahun sekali. Sehingga, mobil akan terhindar dari mogok lantaran tidak bisa distarter.

Sebuah kendaraan harus dipastikan dalam kondisi prima. Untuk menghindari masalah yang menimpa mobil kesayangan, OtoFriends sebaiknya melakukan servis secara teratur di bengkel terdekat. Lakukan booking online melalui aplikasi Otoklix dan dapatkan pelayanan terbaik.

Cara Mengganti Aki Mobil

Cara Pasang Aki Mobil 2

Aki mobil tidaklah bertahan selamanya, bahkan jika sudah dirawat dengan benar. Kalau Anda melihat lampu depan kendaraan meredup, atau kendaraan perlu di-jump-start karena akinya mati, atau jika usia aki sudah melebihi 3 tahun, saatnya untuk menggantinya dengan yang baru. Untungnya, ada cara cepat dan mudah untuk mengganti aki mobil di rumah hanya menggunakan beberapa peralatan sederhana.

Mengeluarkan Aki Lama

1. Parkirkan kendaraan pada permukaan datar di area aman dan matikan mesin mobil

Usahakan tidak mengganti aki mobil di pinggir jalan sebisa mungkin. Temukan tempat aman untuk bekerja yang jauh dari lalu-lintas, percikan api, api terbuka, atau air. Pasang rem parkir, dan matikan mesin kendaraan. Keluarkan kunci dari lubang pengapian untuk memastikan tidak ada daya yang masuk ke aki

– Idealnya, gantilah aki di garasi atau driveway rumah. Pastikan saja aliran udara di tempat kerja Anda lancar (misalnya dengan membiarkan pintu garasi tetap terbuka).

Baca Juga  Obat Alami untuk Mengatasi Nyeri Sendi Pada Tubuh

2. Kenakan pakaian pengaman dan buka kap mobil

Aki mobil mengandung larutan elektrolit asam belerang, yang sangat korosif, bisa membakar kulit, dan menghasilkan gas hidrogen yang mudah terbakar. Kalau sudah, bukalah kap mobil dan tahan dengan batang besi yang tersedia

– Lepaskan semua perhiasan logam, misalnya jam tangan atau cincin untuk melindungi diri dari sengatan listrik.
– Kenakan pakaian bekas yang boleh dikotori minyak/oli.

3. Temukan aki mobil

Carilah aki di satu sudut wadah mesin, entah dekat kaca depan atau bumper depan pada kedua sisi mobil. Temukan kotak aki segiempat yang dipasangi 2 kabel. Kalau mobil Anda baru, aki mungkin berada di balik penutup plastik sehingga lepaskan terlebih dahulu kalau diperlukan

– Baca buku panduan pengguna kalau Anda tidak bisa menemukan aki mobil.
– Ketahuilah pada sebagian kendaraan, aki berada di bagasi alih-alih dalam kap mobil.

4. Lepaskan sambungan kabel negatif terlebih dahulu dan amankan dengan cable tie.

Selalu lepaskan sambungan kabel negatif terlebih dahulu sebelum kabel positif untuk mencegah korslet. Terminal baterai negatif biasanya hitam dan memiliki simbol minus (-). Lepaskan penutup plastik kalau di perlukan, lalu longgarkan penjepit kabel negatif dengan kunci inggris dan selipkan kabel lepas dari terminal.

– Gunakan cable tie untuk menahan kabel negatif di wadah mesin dan memastikannya tidak menyentuh apa pun yang berbahan logam.
– Bergantung pada kendaraan terkait, Anda mungkin membutuhkan kunci inggris ukuran 7 mm, 8 mm, 10 mm, atau 13 mm untuk melepaskan kabel. Namun, jika terminal baterai memiliki klep/katup lepas-cepat, Anda tidak membutuhkan alat untuk melepaskan kabel.

5. Lepaskan sambungan kabel positif dan amankan dengan cable tie.

Terminal positif biasanya di beri warna merah dan bertanda simbol plus (+). Lepaskan penutup plastik di terminal, jika kendaraan memilikinya, lalu gunakan kunci inggris untuk melonggarkan penjepit kabel positif dan menyelipkan kabel lepas dari terminal. Tahan kabel di wadah mesin memakai cable tie sehingga tidak menyentuh apa pun berbahan logam

6. Keluarkan aki dari kendaraan

Periksa bracket yang menahan baterai di tempatnya, lalu lepaskan semua konektor yang menahan aki di bracket. Anda mungkin membutuhkan kunci soket, soket berukuran tepat, dan batang ekstensi. Kalau semua penahan sudah lepas, angkat baterai dari wadah mesin dan sisihkan di permukaan beton, kalau memungkinkan.

– Berat aki bisa melebihi 10 kg; minta bantuan seseorang kalau Anda tidak bisa mengangkatnya sendirian.

Peringatan

– Jangan biarkan aki mobil berdiri menyamping atau jungkir balik.
– Hindari bekerja di kondisi basah.
– Lepaskan semua perhiasan logam sebelum mengganti aki.
– Jangan meninggalkan benda logam di baterai karena 2 terminal bisa terhubung dan membentuk sirkuit listrik.
– Kenakan kacamata pengaman dan sarung tangan insulasi.
– Jangan pernah menyambungkan 2 terminal baterai secara langsung.

Itulha kumpulan cara memasang aki mobil dengan muda yang dapat Mimin berikan ke pada sobat otomotif di rumah. selamt mencobanya