Maret 28, 2024

Berita Online Terkini

Informasi Seputar Berita Terkini Terbaru

Cara Registrasi Kartu Telkomsel Anti Ribet

5 min read
Cara Registrasi Kartu Telkomsel

Cara Registrasi Kartu Telkomsel

Cara Registrasi Kartu Telkomsel, Halo, soabt mimin apa kabaar kemlai lagi nih di artikel yang kita cintai ini dan pada kali ini mimin akan membahas cara mendaftar kartu dan mengetahui Telkomsel Hadirkan Jaringan 5G dan Patinya kamu ingin tahu cara registrasi kartu Telkomsel yang simpel dan mudah setelah membeli kartu perdana baru. Karena proses registrasi ini wajib dilakukan bagi pengguna sebagai syarat utama aktivasi kartu SIM Hp.

Tidak perlu khawatir, kali ini tim bolehnews sudah merangkumkannya buat kamu. Kamu hanya perlu mempersiapkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor Kartu Keluarga. Tanpa perlu berlama-lama, langsung saja kamu simak cara registrasi kartu perdana Telkomsel berikut ini.

Cara Registrasi Kartu Telkomsel Melalui SMS

Sejak peraturan pemerintah tahun 2016 yang mewajibkan semua calon konsumen dan konsumen lama melakukan registrasi, semua pemilik kartu SIM hp wajib registrasi. Tidak terkecuali Telkomsel, penyedia layanan telekomunikasi ini juga mengharuskan calon pelanggan melakukan registrasi nomor. Kamu hanya perlu mempersiapkan nomor KTP dan KK saja. Caranya sangatlah simpel dan bebas biaya karena merupakan layanan pemerintah. Berikut langkahnya:

– Ketik REG NIK#Nomor KK#
– Kirim ke 4444

Contohnya adalah REG 1234567890123456#33123345674846# lalu kirim ke nomor 4444. Jika kamu merupakan pengguna lama, maka format SMS yang perlu kamu ketikkan adalah

– Ketik ULANGNIK#Nomor KK#
– Kirim ke 4444

Baca Juga  Cara Burning File ke CD Dengan Mudah

Contoh registrasi jika kamu pengguna lama yakni

ULANG1234567890123456#33123345674846#

Catatan : pastikan nomor KTP dan KK berjumlah 16 digit, jika kurang registrasi tidak akan berhasil dan kamu akan di minta registrasi ulang.

Datang ke GraPARI atau Mitra Telkomsel

Sebenarnya cara ini terbilang agak ribet karena kamu harus pergi ke Grapari dulu. Tetapi, jika kamu membeli kartu perdana di konter biasa bukan Grapari, kamu bisa meminta bantuan mereka untuk melakukan registasi. Kamu hanya perlu mempersiapkan nomor KTP dan KK saja. Pastikan nomor identitas yang di butuhkan tersebut berjumlah 16 digit agar tidak terjadi kegagalan registrasi.

Cara Registrasi Kartu Telkomsel Melalui GraPARI Virtual

Jika tidak ingin ribet, apalagi di musim pandemi seperti ini yang mengharuskan masyarakat untuk melakukan pertemuan, cara virtual adalah yang terbaik. Kamu bisa mengakses GraPari virtual Telkomsel melalui aplikasi pesan instan, antara lain Line @telkomsel, telegram @telkomsel_official_bot atau Facebook @telkomsel.

Nantinya, kamu akan di bantu asisten digital Veronika untuk melakukan registasi. Cara ini terbilang ribet juga, yang termudah dan paling banyak di lakukan adalah cara nomor satu.

Sebenarnya, ada cara lain yakni dengan mengunjungi website Telkomsel tapi sekarang fitur tersebut tidak tersedia. Kamu bisa membaca keterangannya di https://www.telkomsel.com/prabayar/registrasi

Kenapa Harus Registrasi?

Peraturan tentang kewajiban registrasi nomor telepon baru di gagas tahun 2016 akhir atau awal 2017. Beberapa orang mungkin merasa kerepotan melakukan hal tersebut, tetapi mereka tidak bisa melakukan kegiatan komunikasi jika tidak registrasi. Pemerintah membuat peraturan juga untuk melidungi konsumen. Kita tahu bahwa seringkali terjadi penipuan via SMS ataupun telepon.

Nah, setelah syarat registrasi itu menjadi wajib pemerintah bisa menyelidiki siapa orang di balik penipuan tersebut. Itu karena saat mereka melakukan registrasi, datanya akan tersimpan di database pemerintah. Pemerintah juga lebih mudah menindak para penyalahgunaan dan pencatutan nomor yang meresahkan. Dengan langkah tersebut, di harapkan kedepannya dunia telekomunikasi bisa lebih aman lagi dan makin berkembang tentunya.

Baca Juga  Cara Membuat Struktur Organisasi di Word Denagn Muda

Telkomsel Hadirkan Jaringan 5G

Telkomsel berupaya untuk terus melanjutkan pengembangan ekosistem 5G dengan di hadirkannya layanan 5G di sejumlah kota. Perluasan layanan Telkom ini sekaligus mendorong ekosistem digital lintas sektor yang semakin kuat.

Direktur Network Telkomsel, Nugroho mengatakan hadirnya layanan 5G ini merupakan salah satu wujud perusahaan sebagai The First 5G Operator in Indonesia dalam menghadirkan konektivitas di gital.

Daftar Wilayah yang Sudah Dijangkau

Pada saat peluncuran tepatnya tanggal 27 Mei 2021, jaringan 5G Telkomsel baru dapat di akses oleh masyarakat yang berada di lokasi residensial Jabodetabek. Lokasi tersebut meliputi Kelapa Gading, Pantai Indah Kapuk, Pondok Indah, Bumi Serpong Damai, Alam Sutera Tangerang Selatan dan Widya Chandra. Pada Kamis, 3 Juni 2021, Telkomsel memperluas cakupan jaringan 5G ke beberapa kota lainnya, yakni:

1. Balikpapan

Di kota Balikpapan, sejauh ini jaringan 5G Telkomsel baru bisa di akses di GraPARI Balikpapan. Kedepannya, akan ada lebih banyak lagi titik yang akan dijangkau.

2. Medan

Untuk wilayah Medan, cakupan 5G Telkomsel meliputi area GraPARI Telkom Group Medan, Bukit Hijau Regency atau BHR Residence.

Selanjutnya, ada Taman Setia Budi Indah dan Perumahan Dinas Pemerintahan yang berlokasi di Jalan Jenderal Sudirman.

3. Surakarta

Pada wilayah kota Surakarta, jaringan Telkomsel 5G meliputi area Balai Kota dan GraPARI Surakarta.

HP yang Mendukung 5G Telkomsel

Perangkat yang support layanan 5G Telkomsel adalah perangkat yang di bekali dengan teknologi 5G NSA (non-standalone) di frekuensi 2300 MHz. Sejauh ini hanya ada empat ponsel yang mendukung jaringan ini yakni Oppo Reno5 5G, Huawei Mate 40, Vivo X60 dan Vivo X60 Pro.

Di rektur Utama Telkomsel, HendrI Mulya Sam mengatakan bahwa perusahaan akan terus memperluas kerja sama dengan berbagai mitra untuk menghadirkan lebih banyak perangkat lagi. Termasuk dengan Samsung dan Apple.

Baca Juga  Cara Mengganti LCD HP Anti Ribet Dan Tipsnya

Cara Mengakses 5G Telkomsel

Di tahap peluncuran jaringan 5G Telkomsel, pengguna perlu melakukan penyesuaian pada perangkat smartphone yang di gunakan.

Penyesuaian ini di lakukan agar ponsel bisa terhubung dengan layakan 5G. Nantinya, penyesuaian software akan di sediakan masing-masing produsen ponsel.

Bagi pengguna Telkomsel yang ingin menikmati layanan 5G, perhatikan sejumlah hal berikut ini:

– Pastikan menggunakan kartu bertipe uSIM atau SIM 4G.
– Berada di lokasi yang sudah mendukung jaringan Telkomsel 5G seperti yang sudah di sebutkan di atas.
– Menggunakan ponsel yang sudah mendukung layanan 5G. Sejauh ini, baru ada 3 ponsel yang mendukung. Antara lain Oppo Reno5 5G, Huawei Mate 40, Vivo X60 dan Vivo X60 Pro.
– Pastikan 5G sudah aktif di perangkat dan pastikan juga nomor ponselnya juga sudah mendukung fitur tersebut.

Untuk saat ini, nomor ponsel sejumlah pelanggan Telkomsel sudah di aktifkan fitur 5G secara otomatis. Kedepannya akan terus bertambah secara bertahap.

Jaringan 5G sendiri di klaim 100x lebih cepat di bandingkan pendahulunya 4G. Dengan kecepatan sebesar itu, pengguna bisa mendownload film berdurasi dua jam hanya dalam waktu kurang dari 10 detik.