Maret 29, 2024

Berita Online Terkini

Informasi Seputar Berita Terkini Terbaru

Jenis Aplikasi Berbasis Web

5 min read
jenis Aplikasi Berbasis Web

jenis Aplikasi Berbasis Web

Jenis Aplikasi Berbasis Web, Aplikasi berbasis web mulai populer seiring dengan berjalanya waktu dan jumlah pengguna internet aktif di seluruh dunia. Selain mudah untuk di akses perangkat website juga tidak membutuhkan sumber daya yang besar dari sisi perangkat keras atau lunak. Dari setiap kalangan -pun dapat menggunakan sebuah aplikasi website.

Pada artikel Mimin kali ini, kami akan membahas lebih dalam mengenai aplikasi berbasis web, serta keunggulan yang di milikinya dari pada aplikasi berbasis desktop. Karena saat ini, perangkat desktop sudah mulai tergantikan dengan posisi website yang lebih ramah pengguna dan lebih di kenal masyarakat luas. Sehingga banyak bermunculan web programmer dan startup baru di bidang software house untuk pengembangan website.

Pengertian Aplikasi Berbasis Web (Web Based Application)

Aplikasi berbasis web adalah aplikasi yang di kembangkan menggunakan bahasa HTML, PHP, CSS, JS yang membutuhkan web server dan browser untuk menjalankannya seperti Chrome, Firefox atau Opera. Aplikasi Web dapat berjalan pada jaringan internet maupun intranet (Jaringan LAN), Data terpusat dan kemudahan dalam akses adalah ciri utama yang membuat Aplikasi Web lebih banyak di minati dan lebih mudah di implementasikan pada berbagai bidang kehidupan.

Jenis – Jenis Aplikasi Berbasis Web

Setelah mengetahui mengenai pengertiannya, selanjutnya masuk pada pembahasan terkait jenis – jenis aplikasi yang menggunakan perangkat website.

Baca Juga  Aplikasi Download Lagu MP3 Terbaru 2022

1.Jenis Aplikasi Berbasis Web Web Media Sosial

Website juga dapat di manfaatkan untuk sarana komunikasi dalam bentuk percakapan online yang dapat di lakukan oleh setiap orang secara cepat dan real-time. Atau, biasa di sebut dengan media sosial. Contohnya adalah Facebook, Twitter, Instagram, dll.

2. Jenis Aplikasi Berbasis Web Web Berbasis Sistem Informasi

Website juga di gunakan untuk sarana membantu aktivitas usaha dan pekerjaan manusia. Sehingga proses pekerjaan yang di lakukan dapat tersistem, terpusat, dan termonitoring dengan baik menggunakan aplikasi. Saat ini di kenal dengan sistem informasi.

Sistem informasi sendiri memiliki beberapa jenis, di sesuaikan dengan kebutuhan dari bidang kerja masing – masing. Contohnya adalah sistem informasi koperasi, SIAKAD (Sistem Informasi Akademik), Fleet Management System, Hospital Management, dan masih banyak lagi SI yang lain.

3.Jenis Aplikasi Berbasis Web Web Jual Beli dan Bisnis

Kemudian, website juga dapat di gunakan untuk sarana transaksi jual beli secara online. Saat ini di sebut dengan e-commerce. Dengan menggunakan e-commerce segala kebutuhan anda terkait produk barang atau jasa dapat di proses hanya dengan menggunakan aplikasi web.

Contoh aplikasi yang banyak di gunakan di Indonesia adalah Tokopedia, Shopee, Bukalapak, dan platform e-commerce lainnya. Anda dapat memilih berbagai produk mulai dari yang baru, bekas, harga murah hingga termahal dapat anda dapatkan melalui aplikasi.

4. Jenis Aplikasi Berbasis Web Web Pencarian

Web pencarian biasa di sebut dengan Search Engine. Tentunya, anda hampir setiap hari selalu mengakses yang namanya mesin pencari seperti Google, Yahoo, Youtube, dll. Mesin pencari dapat melakukan berbagai pencarian informasi secara cepat dan akurat.

5. Web Informasi dan Berita

Dari aplikasi berbasis website juga dapat menampilkan informasi dan berita teraktual dan terkini dari seluruh dunia. Contoh web berita di Indonesia adalah Detik.com, Kompas.com, Tribunnews, dll.

Baca Juga  Software Development

6. Aplikasi Web Server

Definisi dari aplikasi web server adalah sebuah perangkat aplikasi, di mana anda dapat menerima request (permintaan) dan juga bisa mengirim respon atau tanggapan dalam protokol HTTP (Hypertext Transfer Protocol). Di dalam proses implementasinya, tentu saja sudah terprogram dengan bantuan bahasa pemrograman server-side atau lebih di kenal dengan istilah back end.

Untuk jenis aplikasi web server di kembangkan oleh user yang ingin membangun sebuah client / server pada sebuah website, khususnya di kalangan IT development. Contoh dari jenis ini adalah Apache HTTP Web Server, Nginx, XAMPP, Apache Tomcat, Lighttpd, LAMP, WAMP, MAMP, dan masih banyak contoh yang lain lagi.

7. Aplikasi Web Browser

Apa itu aplikasi web browser? Jika di lihat dari segi istilah, aplikasi web browser adalah sebuah perangkat lunak (software) yang di pergunakan untuk membuka dan menjalankan halaman atau situs website.  web browser yang saat ini banyak di gunakan adalah Google Chrome, Mozilla Firefox, Microsoft Edge, Safari, Baidu, Opera, Vivaldi, Torch, Maxthon, UC Browser, dan masih banyak lagi contoh browser yang lainnya.

Contoh Aplikasi Berbasis Web

jenis Aplikasi Berbasis Web
Contoh aplikasi web yang di gunakan saat ini berjumlah sangat banyak dan hampir setiap bidang pekerjaan selalu memanfaatkan sebuah website. Berikut merupakan beberapa contoh terkait dengan aplikasi berbasis website.

Website Amazon

Amazon merupakan situs transaksi jual beli terbesar di dunia. Amazon menawarkan banyak sekali produk, kategori, jenis barang dengan harga yang bervariatif. Untuk metode pembayaran yang di gunakan menggunakan mata uang Dollar.

Website milik Amazon tentu memiliki penyimpanan atau database yang sangat besar untuk menampung berbagai jenis dan tipe data yang masuk setiap harinya. Perlu adanya penanganan khusus terkait pengelolaan web server dan aplikasi yang di gunakan.

Baca Juga  Rekomendasi Film Barat Terbaru Yang Rilis Di 2022

Gmail

Gmail (Google Mail) merupakan aplikasi buatan dari Google untuk membuat akun email, membuat, mengirim, menerima, atau membuat akun sosial media.  saat ini banyak di gunakan dan menggantikan posisi Yahoo yang hampir ditinggalkan.

Website Instansi Pemerintahan

Instansi pemerintahan juga memiliki banyak situs dan laman website yang di gunakan sebagai sarana untuk sosialisasi, pengarahan, dan penyampaian informasi secara cepat, tepat, dan akurat. Contohnya adalah website Kemdikbud, Kemenkes, dll.

Kelebihan dan kekurangan Aplikasi Berbasis Web

Website juga memiliki kekurangan dan kelebihan, berikut merupakan penjelasan mengenai kedua hal tersebut.

Kelebihan:

– Dapat di akses melalui berbagai perangkat seperti perangkat mobile, desktop, dan tablet.
– Tidak membutuhkan spesifikasi yang besar untuk menjalankan sebuah website.
– Tidak memerlukan lisensi terkait dengan penggunaan website.
– Dapat di jalankan pada berbagai sistem operasi (OS) seperti Windows, Linux, Mac, dll.
– Dapat di tampilkan dan di lihat kapanpun dan di manapun, asalkan terhubung dengan jaringan internet yang stabil.

Kelemahan:

– Membutuhkan jaringan internet yang baik dan stabil agar website yang di gunakan dapat terkoneksi dan di tampilkan dengan baik.
– Membutuhkan sistem keamanan jaringan yang baik, dari sisi server, browser, dan client. Karena website sangat rentan untuk di masukkan berbagai virus, trash, malware yang berasal dari internet. Dan yang lebih berbahaya lagi adalah sebuah situs dapat di retas oleh hacker apabila tidak ada keamanan sistem yang baik.

Aplikasi Berbasis Desktop (Desktop Based Application)

Aplikasi berbasis desktop merupakan suatu aplikasi yang mampu beroperasi secara offline, tetapi, harus menginstall -nya terlebih dahulu pada laptop atau komputer. Sebagian besar aplikasi Berbasisi Desktop (Standalone) di kembangkan dari bahasa C ++, VB, JAVA dll.

Aplikasi Berbasis Desktop lebih banyak di install secara standalone, walaupun Aplikasi Berbasis Desktop telah mendukung proses sentralisasi data. Akan tetapi, untuk proses instalasi Aplikasi Berbasis Desktop harus di lakukan secara mandiri.

Kesimpulan

– Aplikasi berbasis web adalah aplikasi yang di kembangkan menggunakan bahasa pemrograman yang berjalan dari sisi client dan membutuhkan web server, serta browser untuk menjalankannya.
– Aplikasi web juga memiliki beberapa jenis, contoh, kelebihan dan kekurangan. Keunggulan utama aplikasi berbasis website daripada aplikasi berbasis desktop adalah dari sisi penggunaan, spesifikasi, fitur, dan user friendly.