Mei 23, 2024

Berita Online Terkini

Informasi Seputar Berita Terkini Terbaru

Manfaat Buah Lontar Bagi Kesehatan Tubuh

4 min read
Manfaat Buah Lontar 2

Manfaat Buah Lontar

Manfaat Buah Lontar, Buah lontar atau buah siwalan sering kita temui di pasaran. Bentuk daging buahnya mirip leci dengan warna putih pucat, sedangkan teksturnya yang kenyal dan rasanya yang sedikit manis mirip kolang kaling.

Buah yang memiliki nama latin Borassus flabellifer ini berasal dari anak benua India dan Asia Tenggara. Menariknya, buah tropis ini tak hanya memiliki rasa yang nikmat, tapi juga kaya manfaat loh! Apa saja manfaat buah lontar? Simak ulasannya di sini!

Manfaat Buah Lontar yang untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Buah Lontar

Untuk kamu yang menyukai buah bertekstur kenyal ini, dan penasaran dengan khasiatnya, yuk kepoin sederet manfaat buah lontar berikut ini!

1. Manfaat Buah Lontar Antioksidan dan Antiinflamasi

Buah lontar atau siwalan mengandung nutrisi Phyto yang memiliki sifat antioksidan dan anti inflamasi. Kandungan ini bahkan bisa membantumu mencegah kerusakan-kerusakan sel dan menurunkan berbagai risiko masalah kesehatan yang seperti kanker dan penyakit jantung. Selain itu, senyawa Phyto ini juga sangat baik untuk memperlambat proses penuaan.

2. Manfaat Buah Lontar Menghilangkan Stres

Sumber dari segala macam penyakit adalah pikiran. Semakin tinggi tingkat stres seseorang, semakin tinggi pula risiko ia terserang penyakit. Kabar baiknya, manfaat buah lontar salah satunya adalah menurunkan kadar stres. Sensasi segar yang dihasilkan buah ini bisa memperbaiki suasana hati. Hal ini dipengaruhi oleh kandungan vitamin C di dalamnya.

Baca Juga  Rekomendasi Film Barat Terbaru Yang Rilis Di 2022

3. Manfaat Buah Lontar Mengatasi Masalah Lambung

Berbagai masalah lambung seperti maag dan asam lambung bisa sangat menyiksa dan mengganggu aktivitas. Syukurlah, buah lontar ini bisa meredakan masalah yang ada di lambungmu sekaligus menggantikan nutrisi yang hilang pada tubuh. Selain itu, buah ini bisa juga menjadi pencahar untuk kamu yang mengalami sembelit.

4. Manfaat Buah Lontar Mencegah Diabetes

Buah lontar atau buah siwalan mengandung kandungan gula yang tak banyak. Jika kamu pernah memakannya, kamu pasti tahu persis. Rasanya memang tak terlalu manis tapi nyegerin banget! Nah, karena memiliki indeks glikemik rendah, buah ini bisa mencegah penyakit diabetes. Sebab kadar gula darahmu akan tetap stabil meski kamu mengkonsumsi buah ini. Walau begitu, kamu yang menderita diabetes sebaiknya tak mengkonsumsi buah ini terlalu banyak ya!

5. Mengatasi Berbagai Masalah Kulit

Manfaat buah lontar yang tak disangka-sangka berikutnya adalah mengatasi berbagai masalah kulit. Buat kamu yang kulitnya sering iritasi karena bekerja di luar ruangan dan terpapar sinar matahari, cobalah masker buah lontar. Sifat anti inflamasi dalam buah lontar bisa menjaga kulitmu dari peradangan. Tak hanya itu, masker buah lontar juga dipercaya bisa mencegah biang keringat dan bisul. Wow, super!

6. Menguatkan Tulang dan Sendi

Buah lontar memiliki kandungan fosfor yang tinggi. Fosfor adalah zat mineral terbanyak kedua dalam tubuh manusia setelah kalsium. Fosfor dalam tubuh berfungsi untuk:

– Menjaga kesehatan tulang dan gigi
– Menstabilkan detak jantung
– Membuat energi tubuh tetap terjaga
– Mencegah nyeri sendi
– Meningkatkan nafsu makan
– Menghilangkan kecemasan

7. Mencegah Dehidrasi

Kandungan air yang tinggi dalam buah lontar dapat memenuhi kebutuhan air dalam tubuh sehingga meminimalisasi terjadinya dehidrasi. Jika kamu mengkonsumsi buah ini dengan cukup, maka kadar cairan dalam tubuhmu bisa terjaga keseimbangannya.

Baca Juga  Cara Menggunakan Google Analytics Mendapatkan Kode Google

8. Menggantikan Gula dan Pemanis Buatan

Buah lontar, terlebih jeli yang ada di dalamnya sering diolah menjadi pengganti gula dan pemanis buatan. Hal ini lantaran kandungan sukrosa 76,86% dan glukosa 1,66% dalam buah ini. Sehingga pemanis dari buah ini lebih aman di gunakan untuk mencegah diabetes dan obesitas.

9. Menjaga Fungsi Hati dan Ginjal

Kadar air yang sangat tinggi pada buah siwalan atau lontar ini efektif untuk menjaga fungsi ginjal dan hati. Dua organ ini berperan dalam proses pengolahan dan pembuangan racun atau limbah tubuh. Sementara, kandungan fosfor dari buah lontar ini bisa bertugas mengoptimalkan proses pembuangan atau ekskresi tersebut.

10. Mengobati Disfungsi Ereksi

Siapa sangka kalau buah lontar juga punya manfaat untuk organ reproduksi pria? Yup, buah ini telah di percaya oleh banyak kalangan bisa mengatasi disfungsi ereksi atau impotensi. Sayangnya, manfaat buah lontar yang satu ini masih belum terbukti ilmiah karena belum ada penelitian terkait hal ini. Masyarakat hanya secara turun temurun mempercayainya saja.

Nutrisi yang Terkandung dalam Buah Lontar

Manfaat Buah Lontar 2

Setelah melihat manfaat buah lontar yang luar biasa di atas, mungkin sekarang kamu penasaran dengan apa yang membuat buah ini jadi buah super yang serba bisa. Tentu saja itu semua karena kandungan nutrisi yang ada di dalamnya! Untuk lebih jelasnya, tengok deh sederet zat mineral dan vitamin dalam satu buah lontar berikut ini!

– Air: 77 gram
– Protein: 1 gram
– Lemak: 0 gram
– Karbohidrat: 21 gram
– Kalsium: 9 miligram
– Fosfor: 33 miligram
– Vitamin B1: 0,04 miligram
–  B2: 0,02 miligram
– Vitamin B3: 0.3 miligram
– C: 5 miligram

Baca Juga  Cara Membuka HP Yang Terkunci Dengan Muda

Cara Mengkonsumsi Buah Lontar

Bagian buah lontar yang berwarna putih seperti jeli berisi air bisa langsung di makan begitu saja. Jika di rasa terlalu besar, kamu bisa membelahnya, pisahkan air dari buahnya, kemudian potong kecil-kecil daging buahnya. Setelah di potong kecil-kecil, kamu bisa mencampurnya dengan madu atau susu. Rasanya di jamin seger dan enak banget. Bisa menghilangkan dahaga sekaligus mengembalikan energi yang hilang.

Itu tadi seluk beluk manfaat buat lontar, kandungan nutrisi, dan cara mengkonsumsinya. Semoga bisa menambah pengetahuan dan membantumu untuk hidup lebih sehat.