Mei 23, 2024

Berita Online Terkini

Informasi Seputar Berita Terkini Terbaru

Tips Memilih Casing PC Gaming Yang Baik

5 min read
Tips Memilih Casing PC

Tips Memilih Casing PC

Tips Memilih Casing PC, Ketika kita merakit sebuah personal computer alias PC, ada-ada saja komponen yang dipangkas alokasi dananya untuk komponen lain.

Sama halnya Casing PC Gaming, di mana kerap dicap sesuatu yang tak membutuhkan alokasi dana ekstra, karena toh hanya menawarkan satu manfaat.

Namun, manfaat sebenarnya dari sebuah Casing PC tak seremeh itu loh, bro. Hal tersebut di dasari betapa banyak, dan bervariasinya manfaat

sebuah case yang tentunya tak melulu untuk sekadar menyimpan komponen secara aman. Mencari Casing PC Gaming yang sesuai dengan kebutuhan

dalam rakit-merakit komputer, membutuhkan satu dua referensi supaya tak sesal di kemudian hari. Hal ini di karenakan masih banyak sekali orang yang asal beli Casing PC Gaming Murah, karena kehadiran case tak lebih dari sekadar estetik. Tenang, inilah tips memilih Casing PC Gaming yang kalian nanti-nanti.

Casing PC Gaming Murah Gak Kalah Keren

Dalam memilih Casing PC, tidaklah sedikit yang bakal rekomendasikan case haruslah mahal untuk berikan kesan premium nan mewah. Demi memberikan prestige, tidaklah sedikit mereka yang coba membeli case jutaan demi memberikan kesan tersendiri. Kendati demikian, inilah tips memilih mana case terbaik untuk di isi komponen yang telah kalian tabung bertahun-tahun lamanya:

Baca Juga  aktivis anti-aborsi mengincar target baru

1. Tips Memilih Casing PC Harus Memiliki Sirkulasi Udara yang Baik

Tips Memilih Casing PC

Bahkan meski kita hanya gunakan spek yang bisa di katakan pas-pasan seperti spek komputer penulis, namun kita tak boleh acuh blas

karena suhu panas akan berdampak pada performa komputer secara keseluruhan. Kalau spek biasa aja udah panas, gimana dengan yang speknya mantap yah, bro?

2. Tips Memilih Casing PC Harus Memiliki Ruang untuk Fan Case

Nah, harus di catet nih ya bro, kalau menurut penulis, sebuah case PC Gaming itu setidaknya harus memiliki satu fan intake untuk memasukkan udara dingin, dan satu fan exhaust untuk membuang udara panas.

Hal ini di karenakan adanya sirkulasi udara yang membuat udara panas takkan terkurung di dalam case dan terakumulasi yang bisa sebabkan throttling pada komputer kesayangan. Jadi, sebuah case komputer haruslah memiliki ruang untuk fan case.

3. Pastikan Ukuran Case Pas untuk Komponen yang Dibeli

Tips Memilih Casing PC

Asumsikan kalian membeli heatsink jenis dual-tower. Tentunya kalau kalian tak terlalu dalam riset (alias asal checkout) sebelum membeli case, akan keringat dingin apakah heatsink tersebut bakalan muat pada casing yang baru saja kalian beli.

Padahal, memastikan ukuran case yang pas dan ideal adalah hal vital supaya hal semacam ini tak terjadi. Menariknya, tidaklah sedikit kasus di mana orang yang kembali menjual komponen yang telah mereka beli sebelumnya di karenakan selisih dalam hitungan milimeter dan tak bisa masuk ke dalam case-nya.

Hal ini pun berlaku untuk media penyimpanan semacam hardisk konvensional yang tentunya memakan tempat. Yah, setidaknya bisa muat satu atau dua hardisk ukuran 3.5” atau dua SSD pun bisa di katakan cukup memadai kok, bro.

4. Tips Memilih Casing PC Harus Memiliki Cable Management yang Baik

4. Harus Memiliki Cable Management yang Baik

Faktor berikutnya ketika kita mencari casing untuk PC Gaming antara lainnya adalah pastikannya memiliki cable management yang baik. Meski hal ini terkesan remeh, tapi dampaknya cukup besar, setidaknya menurut pengamatan penulis selama merakit komputer.

Baca Juga  Cara Mengubah Dokumen PDF ke JPG

Kehadiran fitur cable management setidaknya mampu membuat tampilan dalam ke casing lebih enak di pandang. Tidak hanya itu,

kabel yang di atur sedemikian rupa bahkan boleh turunkan suhu sekian derajat karena sirkulasi udara yang (mungkin) ada bisa lebih di maksimalkan potensinya.

5. Cari Casing PC Gaming yang Bahannya Tebal

5. Cari Casing PC Gaming yang Bahannya Tebal

Meski Casing PC umumnya tak sering berpindah lokasi, namun tidak ada salahnya untuk mencari case yang bahannya tebal. Selain memberikan daya tahan lebih, bahan yang tebal akan memberikan kesan kokoh dan tak mudah peyot bila kita atau orang lain tak sengaja merusaknya.

Setidaknya, carilah case yang memiliki ketebalan setidaknya 0,5mm supaya memiliki daya tahan yang baik ketimbang case murah yang umumnya hanya memiliki ketebalan sekitar 0,2-0,3mm. Toh, secara harga tak terpaut jauh, jadi menurut penulis tak ada masalah sama sekali kok mencari mana yang lebih baik.

6. Cari yang Pilihan Warnanya Banyak

6. Cari yang Pilihan Warnanya Banyak

Selain hal remeh di atas, tips memilih Casing PC Gaming Terbaik berikutnya adalah mencari mana yang memiliki pilihan warna terbanyak. Walau ini benar-benar murni preferensi, namun banyaknya alternatif warna tentunya bolehkanmu sesuaikannya dengan setup impianmu selama ini. Umumnya, warna teraman (dan terbanyak di pakai) untuk kalian coba pakai adalah hitam atau putih. Selain lebih universal, kebanyakan dari kita akan merasa lebih nyaman dengan warna standar tersebut. Namun, seiring waktu tidaklah sedikit orang-orang yang coba cari warna lain untuk kemudian di sesuaikan dengan setup miliknya.

7. (Gak) Harus Menawarkan Banyak Konektor

Konsep dari case PC Gaming biasanya harus memiliki banyak konektor, khususnya pada front panel. Di mana meski cukup niche,

Baca Juga  Di ketahui, Vaksin COVID-19 Buatan RI

namun kehadiran colokan USB setidaknya 2 atau 3 kami rasa akan dapat memudahkanmu ketika harus mencolok bermacam komponen eksternal.

Yang harus di tekankan adalah tidak semua orang akan menyukai banyaknya konektor di front panel mereka, entah karena alasan estetika,

atau tak bakal di pakai, di karenakan semua hal tersebut bakal kembali ke preferensi.

8. Full Tower

8. Full Tower

Sesuai namanya, Casing PC jenis Full Tower memiliki ukuran yang bongsor alias masif, baik itu secara di mensi, atau secara bobot.

Biasanya, case jenis ini di pakai untuk di tanamkan bermacam komponen high-end, demi memastikan semua komponen yang mereka pakai mendapatkan sirkulasi udara yang baik.

Walau tak serta-merta identik case ini akan selalu di isi komponen mahal, ada aja kok yang isi case ini dengan komponen seadanya karena lebih percaya dengan durabilitas yang di tawarkannya.

Biasanya case PC Gaming ini tak terlalu umum di lihat karena ukurannya yang benar-benar bongsor, seolah menuntut space di meja yang tentunya cukup besar pula. Ini di karenakan case ini mendukung motherboard sampai ukuran E-ATX yang lebih besar dari ATX. Termasuk belasan HDD ukuran 3.5” yang di butuhkan untuk sebuah workstation.

9. Mid Tower

Nah, Mid Tower adalah salah satu Casing PC Gaming Terbaik di karenakan besaran ukurannya yang bisa kami katakan universal, mampu di isi bermacam komponen yang ada di pasaran tanpa masalah.

Meski ukurannya sedikit lebih kecil dari Full Tower, tapi case ukuran ini tetap bisa kalian andalkan untuk kalian tandemkan dengan komponen kesayangan. Ini semua dikarenakan adanya tujuh slot PCI yang tentunya memudahkan kalian untuk lakukan kustomisasi.

Jadi, tidaklah heran bila case ukuran ini cukup populer di tanah air, karena selain harganya cukup murah, ukurannya pun pas dan memudahkan mereka lakukan kustomisasi di kemudian hari.

Nah, itulah dia tips memilih Casing PC Gaming Terbaik 2022 yang bisa kamu terapkan ketika merakit komputer idaman. Kami harap artikel ini dapat membantu kalian untuk mnenentukan casing terbaik yah, bro!